• 2

Wawancara Nanda 'Banda Neira': Alasan Bubar dan Rencana Selanjutnya

Wawancara Nanda 'Banda Neira': Alasan Bubar dan Rencana Selanjutnya



Banda Neira

Nanda 'Banda Neira' Buka-bukaan kepada Kumparan terkait pembubaran Banda Neira (Foto: Ikhwanul Habibi)
Ketika alasan bubarnya band Banda Neira masih menjadi misteri, kumparan mendapat kunjungan spesial dari Ananda Badudu jelang dini hari, Sabtu (24/12). Salah satu personel Banda Neira itu berbagi cerita tentang mengapa keputusan berat itu harus diambil. Simak wawancara lengkapnya berikut ini:
10 bulan vakum sampai akhirnya resmi bubar. Tentu sudah dipikirkan dengan matang...
Sangat matang dan bahkan prosesnya lama. Diskusinya dari… terhitung dari beres rekaman album kedua. Itu mulai ada obrolan kita membicarakan bagaimana masa depan Banda Neira. Dan diskusi itu berlangsung sampai ya seminggu, dua minggu sebelum pengumuman. Jadi ada waktu hampir 12 bulan ya untuk memikirkan. 
Rara di Selandia Baru dan Nanda di Indonesia, apa itu yang jadi kendala utama?
Bukan. Jarak itu terlalu sepele kalau dijadikan alasan. Karena pas bikin album pertama aja aku ada di Jakarta dan Rara di Bali. Dan itu membuktikan bahwa jarak kan bukan suatu masalah. Jadi bukan karena itu sih.  (Nanda tidak bersedia menjelaskan dengan detail).
Pernah terpikir perjalanan Banda Neira berhenti di sini?
Hmmm… Pernah. Tapi, yang lebih enggak pernah kepikiran Banda Neira bisa sampai seperti ini, sampai sekarang. Maksudnya banyak banget yah... Hari ini ngumumin, wah itu banyak banget yang ngasih tanggapan. Wah sama sekali enggak pernah ngebayangin akan seperti itu. 
Setelah ini rencananya apa?
Mau ke tempat teman...
Setelah resmi mengumumkan apa sudah menyiapkan rencana lain dalam bermusik?
Kalau musik kayaknya enggak akan jadi performer kayak kemarin. Jadi lebih… Kalaupun ada proyek musik, rasa-rasanya, sepertinya akan jadi orang di belakang layar aja. Karena enggak punya… Kalau misalnya ditanya akan main sendiri gitu, aku enggak punya mentalitas untuk jadi solois. Enggak punya mentalitas solois kan. Solois kan menanggung semua kegrogian sendiri kan. Terus menanggung semua perhatian sendiri itu terlalu berat dan enggak mampu deh.
Jadi gak akan ada proyek solo?
Enggak sih. 
Kira-kira lagu Banda Neira apa yang bisa menggambarkan perasaan Nanda saat ini?
Kalau saat ini setelah pengumuman itu, mungkin judul album pertama: ‘Berjalan Lebih Jauh’. Tapi kemarin-kemarin sebelum akhirnya mengumumkan itu lagunya adalah ‘Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti’. Tapi setelah ini ya udah kita dengan situasi yang baru dan keadaan yang baru. Kita tetap harus berjalan lebih jauh. 
Selama proses kreatif bikin lagu, lagu apa yang paling punya kesan mendalam?
Semua lagu berkesan sih. Tapi kalau ditanya yang paling, ‘Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti’.
Respons penggemar banyak yang kecewa dengan bubarnya Banda Neira...
Kemarin-kemarin itu udah ngomongin sama Rara, setelah pengumuman kita gimana nih, strateginya gimana memberikan tanggapan lah, salah satunya strateginya gimana menghadapi media. Lalu udah bilang kayaknya kalau wawancara susah deh. Diam aja deh. Menolak wawancara-wawancara. Cuma akhirnya ini kejadian, itu karena apa ada satu alasannya, ya itu.
Setelah lihat tanggapan pendengar di sosmed Instagram, Twitter, Facebook, ya masih emosional. Hmmm... Kaget banget ngeliat kayak enggak ada yang marah-marah. Gimana musisi enggak bertanggung jawab, ngeluarin album terus vakum sekarang malah bilang bubar. Sebenarnya kalau mereka mau marah-marah itu pantas banget karena konon musisi punya tanggung jawab bukan hanya berkarya tapi untuk melanjutkan karyanya.
Banda Neira enggak bisa mempertanggungjawabkan karya. Tapi di sosmed itu pada baik ya. Kayak bisa memahami walaupun di penjelasan kita enggak menjelaskan seutuhnya. Dan apa ada hashtag #TerimaKasihBandaNeira itu kayak wow...
Jadi Trending Topic di Twitter, lho...
Itu... (terdiam selama beberapa detik) 
Apa pesan buat penggemar?
Hmmm… Itu sih hashtag itu sih #TerimaKasihBandaNeira, kayak kita bisa dibilang memutuskan sesuatu yang enggak enak tapi malah dibilang terima kasih. Itu kayak wow dan itu super banyak gitu ya.
Ada berapa komentar di media sosial?
Terakhir lihat di Instagram 4.500 gitu. Itu satu akun. Akun Banda Neira Official. Belum akunnya Rara, akun aku sendiri, belum. Di Twitter belum di FB, belum lihat sih seharian ini.
Untuk ke Rara, apa yang mau disampaikan?
Ya walaupun yang patah tumbuh, yang hilang berganti, kita tetap harus berjalan lebih jauh lah. Itu mungkin.



HiburanMusikBanda Neira

500

Baca Lainnya