kumparan
30 Jan 2019 21:13 WIB

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Mamuju Tengah, Sulawesi Barat

Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Rabu (30/1). Dari hasil analisis BMKG Wilayah IV Makassar, sempat terjadi dua kali gempa dalam waktu yang hampir bersamaan.
ADVERTISEMENT
Gempa bumi pertama berkekuatan 4,9 magnitudo dengan pusat gempa terletak pada koordinat 1.87 LS dan 119.43 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 kilometer timur laut Kecamatan Budongbudong, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat dengan kedalaman 10 km, terjadi sekitar pukul 19.35 WITA.
Gempa susulan terjadi beberapa menit kemudian pada pukul 19.42 WITA dengan kekuatan 3,8 magnitudo.
"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif yang berdekatan dengan pusat epicenter dan tidak berpotensi tsunami," ungkap Plt. Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman.
Dia juga mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, dari laporan sejumlah masyarakat, getaran gempa tersebut juga dirasakan di Kecamatan Sarudu dan Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu.
"Tadi sempat berasa gempanya. Setelah dicek, ternyata pusat gempa di Mamuju Tengah," ujar Winoto Catur Utomo, warga Desa Motu, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu.
Hingga berita ini dinaikkan, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa tersebut.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan