• 1

10 Pemain Barcelona Mampu Atasi Perlawanan Olympiakos

10 Pemain Barcelona Mampu Atasi Perlawanan Olympiakos


Gol Dimitros Nikolaou  ke gawang Barcelona

Gol Dimitros Nikolaou ke gawang Barcelona. (Foto: Reuters/Ivan Alvarado)
Barcelona terus melanjutkan tren kemenangan mereka di Liga Champions musim ini. Menjamu Olympiakos di Camp Nou pada matchday ketiga, Kamis (19/10/2017) dini hari WIB, Blaugrana berhasil membungkam tim tamu dengan skor 3-1.
Tiga gol Barcelona masing-masing berasal dari gol bunuh diri Dimitrios Nikolaou (13'), Lionel Messi (60'), dan Lucas Digne (64'). Sementara, satu gol Olympiakos dicetak Dimitros Nikolaou (89').
Kemenangan ini mengokohkan posisi Barcelona di puncak klasemen sementara Grup D dengan koleksi sembilan poin. Sedangkan, Olympiakos masih terbenam di dasar klasemen usai meraih tiga kekalahan.
Ernesto Valverde langsung menurunkan pola menyerang 4-3-3 dengan memasang skuat terbaiknya sejak menit awal. Luis Suarez, Gerard Deulofeu, dan Lionel Messi didaulat menjadi trisula penyerang, sementara Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan Paulinho menopang di lini tengah.
Di kubu lawan, Panagiotis Lemonis memilih untuk menumpuk pemain di tengah dengan pola 4-5-1. Vadis Odjidja-Ofoe dipasang sebagai penyerang tunggal, di belakangnnya berderet tiga pemain, Jacques Alaixys Romao, Sasa Zdjelar, dan Sasa Zdjelar.
Dominasi permainan Barcelona langsung terlihat sejak awal laga. Penguasaan bola dari skuat Valverde ini memaksa Olympiakos menumpuk pemain di daerah sendiri.
Meski terus menyerang, Barcelona justru baru bisa membuka keunggulan lewat gol bunuh diri di menit ke-13. Pergerakan Deulofeu yang menerima umpan terobosan kemudian mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Dimitrios Nikolaou yang awalnya berniat menghalau bola malah membelokan bola ke gawangnya sendiri.
Usai unggul, Barcelona kian gencar menggempur pertahanan Olympiakos. Hasilnya, dua peluang emas didapatkan masing-masing lewat tendangan keras Deulofeu dan tandukan Paulinho. Sayangnya, kedua peluang itu masih mentah di tangan kiper dan mistar gawang.
Begitupun dengan peluang Luis Suarez pada menit ke-33 yang tinggal berhadapan dengan Silvio Proto dan tendangan Lionel Messi di menit 38. Semua percobaan mereka masih bisa ditepis Proto.
Alih-alih menambah keunggulan, Barcelona justru harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-43 usai Gerard Pique diganjar kartu merah setelah menerima dua kartu kuning keduanya karena melakukan handball dengan sengaja. Hingga sisa waktu babak pertama usai, Olympiakos belum bisa memanfaatkan keunggulan pemain. Skor 1-0 menutup interval pertama.

Para pemain Barcelona merayakan gol Lucas Digne

Para pemain Barcelona merayakan gol Lucas Digne. (Foto: Reuters/Ivan Alvarado)
Memasuki babak kedua, kekurangan satu pemain tidak terlalu mempengaruhi dominasi Barcelona atas Olympiakos. El Barca akhirnya mampu memperbesar keunggulan lewat tendangan bebas Messi di menit ke-60.
Tendangannya yang mengarah ke sisi kanan sempat bisa ditepis Proto, tetapi laju bola yang keras tetap mampu merobek jala Olympiakos untuk kedua kalinya.
Empat menit berselang, Messi kembali berperan memperbesar keunggulan Barcelona menjadi 3-0. Berawal dari penetrasinya di kotak penalti, umpan silangnya bisa disambut dengan tendangan keras oleh Lucas Digne.
Sementara, Olympiakos yang terus terkurung sepanjang pertandingan akhirnya bisa membuat gol hiburan satu menit jelang waktu normal berakhir. Tandukan Dimitrios Nikolaou yang menerima sepak pojok Konstantinos Fortounis, mampu menaklukan Marc-Andre ter Stegen.
Satu gol Olympiakos itu menjadi gol terakhir di laga ini sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan 3-1 untuk Barcelona.


Sepak BolaLiga ChampionsBarcelona FCSports

500

Baca Lainnya