• 0

Higuain Gemilang, Milan Bawa Pulang Tiga Poin dari Markas Dudelange

Higuain Gemilang, Milan Bawa Pulang Tiga Poin dari Markas Dudelange


AC Milan

Para pemain AC Milan merayakan gol Gonzalo Higuain ke gawang F91 Dudelange pada matchday pertama Grup F Liga Europa 2018/19. (Foto: REUTERS/Eric Vidal)
Gonzalo Higuain kembali menjadi penyelamat AC Milan. Lewat golnya di menit ke-59, Milan berhasil meraih kemenangan 1-0 di markas F91 Dudelange saat melakoni matchday pertama Grup F Liga Europa 2018/19, Jumat (21/9/2018) dini hari WIB.
Dengan kemenangan ini, Milan untuk sementara memuncaki klasemen Grup F. I Rossoneri unggul dua poin Real Betis dan Olympiacos yang di laga lain bermain imbang 0-0.
Di laga ini, Gennaro Gattuso melakukan banyak perombakan di susunan 11 pemain awal meski masih menggunakan formasi 4-3-3. Gonzalo Higuain menjadi juru gedor, diapit Samuel Castillejo dan Fabio Borini. Sedangkan, Jose Mauri, Andrea Bertolacci, dan Timoue Bakayoko jadi penjaga lini tengah.
Meski di atas kertas materi pemain yang dipasang Gattuso lebih mentereng, Milan rupanya belum mampu menunjukkan penampilan rapi di awal babak pertama. Justru tuan rumah yang mengambil inisiatif penguasaan bola dan memberi pressing ketat kepada Milan.
Milan akhirnya bisa keluar dari tekanan lepas 10 menit. Hal ini ditandai dengan lahirnya peluang pertama dari percobaan Higuain menit 11 yang masih melebar. Dua menit berselang, sundulan Castillejo hampir membuahkan gol, tetapi bola yang berada di depan mulut gawang berhasil disapu bek lawan.
Memasuki menit 20-an, permainan Milan semakin cair dan aliran bola dari kaki ke kaki berjalan cukup lancar. Hasilnya, pemainan satu-dua antara Borini dan Bakayoko di menit 22 nyaris melahirkan gol seandainya sontekan Bakayoko tidak ditepis kiper. Begitu pun sepakan Castilejo enam menit berselang kembali dimentahkan kiper.
Namun, kondisi tersebut tidak bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh Milan. Penetrasi dari kedua sayap maupun lini tengah tak berjalan cukup lancar. Hal ini ditambah permainan keras Dudelange yang membikin aliran bola kerap putus. Alhasil, kedua tim mengakhiri babak pertama dengan skor 0-0.

AC Milan

Laga antara AC Milan vs F91 Dudelange di matchday pertama Grup F Liga Europa 2018/19 (Foto: REUTERS/Eric Vidal)

Babak kedua dilakoni Milan dengan bermain lebih agresif dan efektif. Perubahan ini nyaris membuahkan gol di menit 49 jika saja sontekan Higuain usai menerima umpan silang Castilejo tidak ditepis kiper Dudelange, Joe Frising.
Setelah sekian kali mencoba, Milan akhirnya memecah kebuntuan di menit 59 melalui Higuain. Berawal dari penetrasi Castillejo di sisi kanan pertahanan Dudelange, eks pemain Villarreal itu memberi umpan sodoran yang langsung disambut Higuain dengan sepakan kaki kanan. Milan unggul 1-0.
Setelah gol ini, serangan Milan khususnya dari sisi saya semakin hidup. Tercatat ada peluang emas diperoleh pada rentang menit 60-67 yang didapat Borini usai menerima umpan silang Castilejo. Pertama sontekannya melebar tipis, sedangkan percobaan kedua digagalkan mistar gawang.
Dudelange sendiri sebetulnya bukan tanpa perlawanan. Lewat serangan balik ada satu percobaan yang mengarah gawang di menit 67. Tetapi Pepe Reina masih sigap menghalau upaya dari Dominik Stolz. Peluang ini kemudian dibalas oleh Mauri via sepakan voli yang bisa ditangkap Frising.
Gattuso kemudian memasukkan Hakan Calhagnolu, Franck Kessie, dan Alen Halilovic untuk menambah daya gedor. Beberapa peluang bisa dilahirkan seperti sepakan Higuain di menit 83 yang ditepis kiper. Setelahnya, tak ada lagi percobaan mengarah gawang dan Milan bisa menjaga keunggulan 1-0 untuk membawa pulang tiga poin.


Sepak BolaSportsLiga EuropaAC Milan

presentation
500

Baca Lainnya