Pencarian populer

Penalti Ronaldo Berbuah Kemenangan Juventus di Derby della Mole

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo, melepas tembakan ke gawang Torino pada ajang Serie A. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Dalam duel Derby della Mole di Stadion Olimpico Grande, Juventus berhasil meneruskan catatan belum terkalahkan di ajang Serie A 2018/19. Dijamu rival sekota mereka, Torino, pada pekan ke-16, Minggu (16/12/2018) dini hari WIB, Juventus keluar sebagai pemenang usai mengakhiri laga dengan kemenangan 1-0.

Sebagai pemain debutan di derbi, Ronaldo muncul dengan status pembeda lewat golnya dari titik putih pada menit ke-70. Lesakannya membuat Juventus tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 46 poin. Sedangkan, Torino tertahan di peringkat enam dengan 22 angka.

***

Pelatih Massimiliano Allegri melakukan beberapa perubahan di susunan starter. Mengusung formasi 4-3-3, Mario Mandzukic didapuk sebagai penyerang yang diapit Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo. Emre Can pun diturunkan sejak awal untuk menemani Balise Matuidi dan Miralem Pjanic. Sedangkan, Mattia Perrin menggantikan Wojciech Szczesny di bawah mistar.

Meski dengan nama-nama yang lebih unggul di atas kertas serta membawa modal tidak terkalahkan di delapan pertemuan terakhir dengan Torino, Juventus tak lantas leluasa dalam membongkar pertahanan lawan yang dipimpin oleh Nicolas N'Koulou. Buktinya, dalam 10 menit pertama baru ada sepakan off target Ronaldo di daftar upaya Juventus.

Barulah pada menit ke-15, Ronaldo memberi Juventus percobaan mengarah gawang pertama lewat sepakan voli yang masih bisa ditepis oleh Salvatore Sirigu. Malang buat Sirigu, penyelamatan itu menjadi aksi terakhirnya di laga ini. Dia digantikan Salvador Ichazo karena mengalami cedera lima menit berselang.

Kendati mengalami pergantian, Juventus tak mampu mengambil kesempatan. Bahkan, jalannya laga cukup monoton sampai menit ke-30 lantaran permainan keras dari kedua tim. Barulah pada menit 36, Torino mengancam lewat serangan balik. Sayang, sepakan Simone Zaza masih bisa dimentahkan oleh Perin.

Juventus kembali mendominasi di sisa lima menit babak pertama. Tapi, hanya sontekan Giorgio Chiellini di menit 42 saja yang terhitung mengancam usai ditangkap oleh Ichazo. Sedangkan, sepakan Can dari luar kotak kembali tak menemui sasaran. Kedua tim akhirnya masuk ruang ganti dengan skor 'kacamata'.

Pemain Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan eksekusi penalti ke gawang Torino. (Foto: REUTERS/Massimo Pinca)

Babak kedua ditandai dengan mulai agresifnya permainan Torino. Pergerakan Andrea Belloti yang jadi tumpuan serangan kerap kali merepotkan yang membikin wasit mengeluarkan dua kartu kuning buat pemain Juve: Can dan Pjanic dalam kurun waktu lima menit. Belloti sendiri akhirnya melepas sepakan mengarah gawang di menit 54, tapi Perin menggagalkannya.

Namun, Torino merusak momentum mereka untuk memberi perlawanan usai wasit menunjuk titik putih karena bek Torino melakukan pelanggaran terhadap Mandzukic pada menit ke-70. Ronaldo yang jadi eksekutor 12 pas berhasil menjalankan tugasnya dan membawa 'Si Nyonya Tua' unggul 1-0.

Juventus bisa saja menggandakan keunggulan usai sontekan Mandzukic yang menerima umpan Pjanic tak bisa dibendung kiper. Kendati begitu, wasit menganulir gol karena dalam skema tendangan bebas Pjanic, Ronaldo yang melakuan gerakan menyundul bola berada dalam posisi offside.

Torino tak banyak berkutik setelah tertinggal. Agresivitas mereka semakin menurun sehingga membuat Juventus leluasa memainkan bola. Namun, Juventus pun tak bisa menambah keunggulan karena bola sepakan Ronaldo di masa injury time bisa ditangkap Ichazo. Alhasil, skor 1-0 untuk kemenangan tim tamu menutup jalannya pertandingan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: