• 6

Saat Azan Berkumandang di Istana Alhambra Spanyol

Saat Azan Berkumandang di Istana Alhambra Spanyol



Istana Alhambra yang dulu bernama Qalat Al Hamra adalah simbol puncak kejayaan Islam di Spanyol. Istana Alhambra didirikan oleh kerajaan Bani Ahmar atau bangsa Moor dari daerah Afrika Utara. Bani Ahmar adalah penguasa kerajaan Islam terakhir yang berkuasa di Andalusia (Spanyol).
Banyak wisatawan yang kemudian berkunjung untuk melihat kemegahan tempat ini, tak sedikit juga kaum Muslim yang berkunjung untuk melihat bukti sejarah bagaimana Islam pernah berjaya di Eropa.
Namun ada hal menarik yang baru-baru ini terjadi di sana. Seorang wisatawan mengumandangkan azan di dalamnya, dan adegan ini terekam video lalu menjadi viral.
Wisatawan itu bernama Mouaz Al Nass yang mengunggahnya ke lama akun Facebook miliknya pada Kamis (7/9). Pada video berdurasi 2 menit 6 detik itu, ia tampak mengenakan kemeja dan celana panjang hitam.
Beridiri di salah satu sudut istana, Mouaz kemudian melantunkan azan dengan suara lantang dan begitu merdu. Belakangan diketahui Mouaz adalah musisi keturunan Suriah yang lahir di Arab Saudi.
"Call to prayer inside Alhambra palace," tulis Mouaz di caption videonya.

Wisatawan azan di Istana Alhambra

Wisatawan azan di Istana Alhambra. (Foto: Facebook: Mouaz Al-Nass )

Sontak aksinya ini mencuri perhatian banyak wisatawan lain yang juga berkunjung ke sana, bahkan beberapa di antara mereka merekam Mouaz yang sedang melantunkan azan.
Video ini pun menjadi viral di media sosial dan telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali dan dibagikan 30 ribu kali. Banyak juga yang memuji di kolom komentar Mouaz.
"Aku harap bisa mengunjungi tempat ini. Dan terus di sana," tulis akun Saif Suwan.
"Suara yang luar biasa, Allah Maha Baik, muslim di mana-mana," tulis pemilik akun Facebook lainnya.
Selain itu, video ini pun menjadi pembahasan di media internasional. Disebutkan lantunan azan oleh Mouaz ini adalah azan pertama yang dikumandangkan di Istana Alhambra dalam kurun waktu 500 tahun terakhir.



InternasionalIslamViralSpanyolArab Saudi

500

Baca Lainnya