Suasana peringatan malam 1 Suro di Keraton Yogyakarta

Tertawa dan Menangis di Atas Sumbu Filosofi Jogja

Gusti Aditya
Domisili Yogyakarta. Dapat disapa di akun Instagram @gustiaditiaa
20 September 2023 14:22 WIB
·
waktu baca 7 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sudah sakau. Hanya itu yang aku katakan ketika ditanya respon dan opiniku tentang sumbu filosofi di Jogja yang pada akhirnya ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Pada sidang ke-45 Komite Warisan Dunia atau World Heritage Committee (WHC) di Riyadh Arab Saudi, palu itu ketuk. Hal itu disambut bahagia oleh para pejabat di Jogja. Bahkan raja mengatakan, “Kami menyampaikan terima kasih kepada UNESCO dan seluruh lapisan masyarakat.” Hebat, bukan?
Kenapa sakau? Dalam memperoleh pengakuan dari UNESCO, banyak aspek yang dikencingi oleh pemerintah daerah. Kemanusian seakan dilupakan, keadilan hanya menjadi barang langka di kota ini. Penggusuran, pemindahan, dan dana triliunan, semua dilakukan hanya untuk melestarikan sumbu filosofi. Pertanyaannya, filosofi macam apa yang mengaburkan aspek-aspek krusial seperti kemanusiaan dan keadilan?
Kota yang sudah keranjingan filosofi. Di mana filosofi hanya dijadikan perias wajah semata. Filosofi menjadi kerdil maknanya ketika hati, akal, dan nurani tak dilibatkan di dalamnya. Aku ingin mengajakmu plesiran di sebuah kota yang mabuk akan filosofi ini. Kita akan menelusuri koridor sunyi kota ini, perayaan yang hambar, dan kontradiktif-kontradiktif yang termaktub di dalamnya. Buramnya kesejahteraan untuk rakyat dan kepentingan para pemangku kuasa.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten