• 2

Ajang Local Startup Fest dan Industri Digital yang Bergerak Cepat

Ajang Local Startup Fest dan Industri Digital yang Bergerak Cepat


Ilustrasi konferensi

Ilustrasi konferensi. (Foto: Photo-Mix (CC0 Creative Commons))
Local Startup Fest kembali digelar untuk yang kedua kalinya di tahun 2017. Acara edukasi dan kumpul pegiat industri startup itu resmi dibuka lagi selama dua hari, mulai tanggal 18 hingga 19 Oktober, di Ballroom Kuningan City, Jakarta.
Local.co.id, selaku pihak penyelenggara acara, punya alasan tersendiri mengapa Local Startup Fest dilaksanakan sebanyak dua kali dalam setahun, berbeda dengan ajang besar untuk kumpul startup lainnya yang biasa digelar setahun sekali. Sebelumnya, Local Startup Fest juga digelar pada bulan Februari lalu.
Sayed Muhammad, CEO Local.co.id, membeberkan fakta bahwa gerakan dari industri digital di Indonesia sedang melaju sangat cepat dan banyak hal baru bermunculan. Event ini hendak memotret apa yang sedang terjadi di industri saat ini, mendiskusikannya, kemudian mencari solusi bersama dengan menghadirkan para ahli dalam industri digital.
"Jadi begini, kita lihat dunia startup bergerak sangat cepat. Dalam waktu enam bulan banyak hal baru yang terjadi," kata Sayed di sela acara Local Startup Fest 2.0 pada Rabu (18/10).
Sayed mencontohkan saat ini startup bidang teknologi finansial (financial technology/fintech) tengah naik daun. Padahal enam bulan lalu kondisinya berbeda di mana pamor fintech masih kalah dengan e-commerce.
Sekarang, semua berbicara tentang uang elektronik, sampai dengan layanan pinjam dana. Fintech dinilai makin seksi oleh industri ini dan semua pihak ingin terlibat di sana, bahkan hingga ke level investor.
"Kita tidak pernah tahu. Ke depan mungkin enam bulan atau setahun lagi, saat fintech sudah crowded, giliran health-tech atau lain hal yang kita belum tahu," ucap Sayed.

Pengunjung Local Startup Fest 2.0

Pengunjung Local Startup Fest 2.0. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Alasan yang ia kemukakan berikutnya adalah adanya kebutuhan wadah untuk ajang berkumpulnya para startup enthusiast. Sayed berkata acara seperti ini masih minim, terutama yang bentuknya offline. Jika pun ada bentuknya masih talkshow kecil yang sesinya hanya satu hingga dua pembicara satu hari.
Dan faktor terakhir Local Startup Fest diadakan sebanyak dua kali dalam setahun adalah mengedukasi lebih dalam kepada warga yang sudah mengerti, baru mengerti, dan ingin mengerti segala hal tentang startup dan bisnis digital. Hal ini dirasa Sayed sejalan dengan semangat pemerintah Indonesia yang hendak meningkatkan ekonomi digital.
Sayed mengaku industri startup ini masih sangat muda di Indonesia. Walau industrinya melaju pesat, tapi sumber daya manusianya belum mengerti dengan baik industri startup ini.
"Kita mengadakan ini agar orang-orang yang bergerak di industri startup lebih mengerti lagi kebiasaan dunia startup ini. Phase dan teknologi startup itu selalu up-to-date," papar Sayed.
Itulah alasan Local.co.id menggelar Local Startup Fest dilaksanakan dua kali dalam setahun. Untuk acara kedua ini Local.co.id menghadirkan sekitar 35 sampai 40 startup dan menampilkan lebih dari 70 pembicara yang merupakan sosok ternama di industri digital.
Local Startup Fest versi 2.0 di 2017 masih menyisakan satu hari lagi, Kamis (19/10). Kamu yang tertarik dengan segala hal tentang startup bisa datang ke sana dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 350 ribu.

TeknologiStartupE-commerceFintech

500

Baca Lainnya