• 1

Internet IndiHome Tak Bisa Akses OLX, Telkom Angkat Bicara

Internet IndiHome Tak Bisa Akses OLX, Telkom Angkat Bicara


Perusahaan telekomunikasi Telkom akhirnya angkat bicara soal keluhan perusahaan OLX Indonesia yang mengatakan situsnya tak bisa diakses oleh pengguna yang memakai jaringan Internet IndiHome dan malah dialihkan ke situs e-commerce lain.

Perusahaan telekomunikasi pelat merah itu telah melakukan investigasi terkait kasus tersebut. Hasil investigasi mengarah pada terjadinya infeksi fungsi software analytic pada situs-situs yang terganggu. Software analytic ini berada di sistem content delivery network (CDN) di luar cloud internet Telkom.

Belanja online

Ilustrasi: Seorang pengguna melakukan belanja online dengan metode bayar kartu kredit. (Foto: Negative Space (CC0 Public Domain))

Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo mengatakan, langkah antisipasi yang dilakukan Telkom adalah dengan mengarahkan DNS Telkom redirect ke DNS cache yang bersih dari CDN bermasalah.

"Sedangkan bagi pelanggan yang melakukan pengaduan telah dilakukan penanganan, dengan memandu untuk menghapus data dan history cache pada web browser," kata Arif dalam penyataan kepada Kumparan.

Tak diketahui secara pasti sejak kapan kasus pengalihan trafik (redirect) situs OLX ke situs e-commerce lain ini terjadi di jaringan IndiHome.

OLX Indonesia telah menyampaikan keberatannya terhadap Telkom. Pengalihan akses tanpa seizin pengguna maupun OLX, disebut perusahaan itu telah mengambil kebebasan konsumen dalam menggunakan Internet.

"Hal tersebut mengakibatkan kebingungan dan ketidaknyamanan pengguna OLX saat mengakses OLX.co.id melalui ISP IndiHome," tulis OLX dalam siaran pers.

E-commerce InternetBangkokBisnis

500

Baca Lainnya