• 4

iPhone X Hadir, Qualcomm Sebut Teknologi Android Selalu Lebih Cepat

iPhone X Hadir, Qualcomm Sebut Teknologi Android Selalu Lebih Cepat


Stan Qualcomm di MWCS 2017, Shanghai

Stan Qualcomm di MWCS 2017, Shanghai. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Memanasnya hubungan dua raksasa teknologi Qualcomm dan Apple tak hanya berlangsung di meja hijau, yang diketahui terjadi akibat perseturuan terkait masalah hak paten, tapi juga di bidang teknologi teranyar.
Saat Apple sedang sibuk mempersiapkan acara peluncuran produk terbarunya pada Rabu (13/9) dini hari, Qualcomm mengunggah sebuah tulisan yang berisi terobosan teknologi terbaru yang mereka hadirkan lewat ponsel Android. Secara tak langsung Qualcomm seperti menyatakan jika mereka selalu berada di depan Apple terkait teknologi baru di ponsel pintar.
Sebelumnya, memang sudah beredar berbagai rumor dan spekulasi seputar fitur baru yang akan dibawa pada iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus. Dan rumor-rumor fitur baru itu disebut oleh Qualcomm dalam 'portofolio' teknologi yang telah mereka ciptakan.
Untuk detailnya, bisa dilihat dalam gambar berikut ini yang disusun dalam sebuah daftar.

Daftar Inovasi Qualcomm

Daftar inovasi Qualcomm di smartphone. (Foto: Qualcomm)
Sebenarnya tidak semua teknologi itu benar-benar pertama kali hadir di ponsel pintar, karena ada juga yang sudah dimiliki iPhone sebelumnya. Tapi, tidak bisa dipungkiri jika Qualcomm memang telah menciptakan banyak terobosan baru di dunia smartphone.
Kedua perusahaan ini sekarang sedang bergelut di ranah hukum terkait perseteruan hak paten yang tak kunjung usai. Tapi, Qualcomm tidak pernah benar-benar menyebut Apple dalam tulisannya, melainkan hanya mengatakan, "Penemuan dari Qualcomm membangun fondasi dari banyak teknologi dan pengalaman untuk meningkatkan nilai smartphone saat ini, baik untuk Android maupun platform lain."
Platform lain? Satu-satunya yang bisa dimasukkan ke dalam maksud dari Qualcomm itu tentu saja iOS dari Apple.
Ponsel Mi Mix dari Xiaomi menjadi ponsel pintar yang mendorong era baru smartphone tanpa bezel yang dilanjutkan oleh Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note 8, LG G6, dan LG V30.
"Kami bekerja untuk menemukan teknologi terbaru selanjutnya dan berkolaborasi bersama mitra-mitra di industri ini untuk menjadikannya nyata, bisa kamu genggam, atau kamu lihat. Ini untuk generasi selanjutnya dari para inovator dan startup perangkat mobile, bersaing untuk membawa perangkat Android terdepan selanjutnya," tulis Qualcomm.

TeknologiAppleiPhoneQualcommAndroid

500

Baca Lainnya