• 0

KAI Rilis Kartu Railpay untuk Pembayaran Berbagai Transportasi Publik

KAI Rilis Kartu Railpay untuk Pembayaran Berbagai Transportasi Publik



Dirut PT KAI Edi Sukmoro

DIrut PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Edi Sukmoro (kanan) berbincang dengan penumpang saat inspeksi di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur (Foto: Didik Suhartono/Antara)
Para penyelenggara transportasi publik Indonesia mulai melakukan integrasi sistem pembayaran dalam satu kartu elektronik yang bisa dipakai pada berbagai moda transportasi. Integrasi itu diterapkan dalam dalam kartu Railpay yang diterbitkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Senin (19/12) di Stasiun Juanda Jakarta.
Railpay merupakan kartu pembayaran elektronik serta keanggotan yang sistem transaksinya bekerjasama dengan Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), serta Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Selain dipakai untuk pelanggan KAI, kartu elektronik ini dapat pula digunakan untuk Tiket Transportasi Antar Moda (Titam).

Kartu Railpay ini merupakan upaya untuk memberikan kemudahan konektivitas intermoda transportasi serta kemudahan bertransaksi secara cashless di sektor transportasi dan sektor lainnya hanya dengan satu kartu.

- Edi Sukmono, Direktur Utama PT KAI

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmono, menjelaskan, Raiplay bukan hanya sebagai alat bayar dan identitas pelanggan KAI saja, karena kartu ini juga bisa dipakai untuk pembelian tiket kereta jarak jauh, pembelian tiket pesawat, pembelian tiket kapal laut, maupun pembelian tiket Bus Damri. Railpay ditargetkan bisa memberi kemudahan transaksi non-tunai pada sektor transportasi dan sektor lain dengan satu kartu.
"Di kawasan perkotaan Railpay juga bisa digunakan untuk bertransaksi di KRL Jabodetabek, KA Bandara, bus (Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans), LRT, dan pembayaran jalan tol," papar Edi.
Selain yang telah disebutkan di atas, Railpay juga dapat digunakan untuk pembayaran parkir, membeli BBM di SPBU Pertamina, pembayaran tagihan, serta belanja.
Menteri BUMN, Rini M. Soemarno yang hadir dalam peresmian tersebut berharap perusahaan BUMN dapat terus melakukan inovasi yang mengikuti perkembangan digital dan terintegrasi satu sama lain untuk memudahkan konsumen.
"BUMN mendukung program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan transasksi non tunai dan transportasi darat. Ini juga nanti bisa digunakan untuk kereta bandara, Light Rapid Transportation (LRT), serta Kereta Cepat Jakarta Bandung," ungkap Rini.

RailpayTransportasiKapal LautTransjakartaDamriPesawat

500

Baca Lainnya