• 0

OLX Keluhkan Situsnya Tak Bisa Diakses dari Telkom IndiHome

OLX Keluhkan Situsnya Tak Bisa Diakses dari Telkom IndiHome


Situs iklan baris online OLX Indonesia melontarkan kritik terhadap Telkom selaku pengelola IndiHome, terkait dengan pengalihan (redirected) trafik yang membuat pengguna tak bisa mengakses OLX.co.id jika memakai jaringan Internet IndiHome.

OLX mengatakan informasi ini mereka dapatkan dari beberapa pengguna, salah satunya adalah pengguna Facebook bernama Ibnu Maksum dengan akun Ibnux. Pria asal Serang yang dikenal sebagai pemrogram aplikasi digital ini mengunggah sebuah video yang menunjukkan akses ke OLX.co.id dialihkan ke situs e-commerce lain jika dibuka dengan IndiHome. Berikut videonya:


Seorang pemrogram aplikasi lain, Batista Harahap, mempublikasi ulang konten yang dibuat Ibnux dan membuatnya makin ramai dibicarakan di media sosial.

OLX menyatakan pengalihan akses tanpa seizin pengguna maupun OLX, telah mengambil kebebasan konsumen dalam menggunakan layanan Internet.

"Hal tersebut mengakibatkan kebingungan dan ketidaknyamanan pengguna OLX saat mengakses OLX.co.id melalui ISP IndiHome," tulis OLX dalam siaran pers.

Belanja online

Ilustrasi: Seorang pengguna melakukan belanja online dengan metode bayar kartu kredit. (Foto: Negative Space (CC0 Public Domain))

OLX mengaku sudah berusaha menghubungi pengelola IndiHome untuk meminta keterangan dan tanggung jawab mereka terkait hal ini.

Kumparan telah menghubungi Arif Prabowo selaku Vice President Public Relations Telkom. Ia hanya mengatakan saat ini pihaknya telah mendengar laporan itu dan masih mendalaminya. Belum ada pernyataan resmi dari Telkom soal keluhan OLX tersebut.

E-commerce InternetBangkokBisnis

500

Baca Lainnya