• 0

Operator Tingkatkan Kapasitas Jaringan Kawal Final AFF Indonesia vs Thailand

Operator Tingkatkan Kapasitas Jaringan Kawal Final AFF Indonesia vs Thailand


Perusahaan pperator telekomunikasi seluler ikut turun tangan dalam laga final AFF 2016 leg pertama antara Indonesia kontra Thailand yang berlangsung di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor malam ini. Aksi turun tangan yang dilakukan operator seluler kali ini tak lain adalah meningkatkan kapasitas jaringan di stadion dengan kapasitas 30.000 tempat duduk itu.

Operator seluler perlu meningkatkan performa layanan di lokasi tersebut karena pasti terjadi lonjakan trafik, terutama trafik data alias Internet yang makin populer dipakai untuk kirim pesan dan panggilan suara.

Telkomsel, sebagai operator seluler terbesar, mengatakan telah mengirim dua perangkat pemancar sinyal portabel di sekitar stadion. "Kita sudah taruh dua unit compact mobile base station (Combat) Telkomsel," kata Aldin Hasyim, Head of Media Relations Telkomsel.

Dia mengatakan kapasitas yang telah ditingkatkan Telkomsel dapat menampung lonjakan trafik yang kurang lebih akan dipakai 35.000 pengguna.

Kondisi di dalam lapangan Stadion Pakansari Cibinong

Rumput stadion yang hijau (Foto: Kevin Septhama K/Kumparan)

Hal yang sama juga dilakukan oleh XL Axiata dan Indosat Ooredoo, di mana keduanya meningkatkan kapasitas jaringan dan 4G LTE pada menara pemancar alias BTS di sekitar lokasi tanding. Sementara Smartfren Telecom mengaku tak melakukan persiapan khusus untuk menghadapi event olahraga seperti ini.

Animo masyarakat Indonesia atas laga final ini cukup besar dan bisa dilihat dari terangkatnya tagar #TimnasDay yang menduduki trending topik Twitter untuk kawasan Indonesia. Setidaknya ada 21 ribu kicauan yang menggunakan tagar #TimnasDay.

Pada final leg pertama ini, Boaz Solossa dan kawan-kawab menjamu Thailand di Stadion Pakansari. PSSI memilih Pakansari menyusul sedang direnovasinya Stadion Utama Gelora Bung Karno. Penunjukan stadion ini dengan kapasitas terbatas sempat dipertanyakan karena diyakini tak akan mampu menampung gairah suporter untuk menonton langsung.

Laga final akan berlangsung hari ini pukul 19.00 dan disiarkan di RCTI. Leg kedua rencananya berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 17 Desember 2016.

Sepak Bola InternetFotografi

500

Baca Lainnya