• 1

Qualcomm Sukses Uji Internet 5G di Perangkat Mobile

Qualcomm Sukses Uji Internet 5G di Perangkat Mobile


Modem Qualcomm Snapdragon 5G

Modem Qualcomm Snapdragon X50 5G. (Foto: Qualcomm)
Jalan panjang Qualcomm menuju hadirnya jaringan 5G jadi semakin dekat dengan kenyataan. Pada Selasa (17/10), mereka mengumumkan telah menyelesaikan pengujian koneksi 5G perdananya untuk perangkat mobile.
Pengujian ini dilakukan menggunakan modem 5G Snapdragon X50 yang mereka ciptakan dan telah diperkenalkan sejak tahun lalu. Berjalan di spektrum 28 GHz milimeter wave (mmWave), Qualcomm mengaku modem itu berhasil mencapai kecepatan unduh gigabita dengan memanfaatkan beberapa carrier 5G 100 MHz.
“Loncatan besar ini dan acuan desain smartphone 5G kami menunjukkan bagaimana Qualcomm Technologies terus berupaya mendorong 5G NR pada perangkat mobile untuk meningkatkan pengalaman mobile broadband untuk pengguna di seluruh dunia," ujar Cristiano Amon, Wakil Presiden Eksekutif Qualcomm Technologies dan Presiden QCT (Qualcomm CDMA Technologies), dalam rilis pers yang diterima kumparan (kumparan.com).

Desain Ponsel 5G Qualcomm

Referensi desain ponsel 5G Qualcomm. (Foto: Qualcomm)
Sebagai tambahan, Qualcomm juga mengungkapkan referensi desain smartphone pertamanya yang akan mendukung jaringan 5G. Ponsel itu akan digunakan untuk menguji modem 5G, radio, dan jaringan dengan pencipta smartphone selama setahun atau dua tahun ke depan. Desain ponsel itu terlihat mengusung konsep bagian muka yang dipenuhi layar dari ujung ke ujung seperti kebanyakan ponsel kekinian yang hadir saat ini.
Ini menjadi persiapan Qualcomm yang rencananya akan merilis smartphone yang kompatibel dengan 5G pada awal 2019 nanti. Perusahaan teknologi asal AS itu menyatakan komersialisasi jaringan 5G kemungkinan bakal dimulai pada tahun 2019 lewat beberapa rangkaian seperti penelitian, penentuan standar 3GPP, perancangan sub-6 GHz dan sistem purwarupa mmWave 5G.
Selain itu, Qualcomm juga mengumumkan telah meluncurkan cip prosesor terbarunya Snapdragon 636 untuk ponsel kelas menengah. Sebagai penerus 630, Snapdragon 636 diklaim memiliki peningkatan performa sebanyak 40 persen. Cip tersebut berukuran 14 nanometer dan mendukung layar lebar FHD+, koneksi LTE 600 MB, dan resolusi kamera hingga 24 MP.
Qualcomm menyatakan cip ini akan mulai diedarkan ke para konsumen mulai November mendatang, dan kemungkinan baru akan hadir di smartphone pada tahun 2018.

TeknologiInternet5GQualcomm

500

Baca Lainnya