• 1

Setelah Fiat, Honda Dukung Proyek Mobil Pintar Google

Setelah Fiat, Honda Dukung Proyek Mobil Pintar Google



Honda BR-V

Mobil crossover Honda BR-V (Foto: CC0 Public Domain)

Honda bergerak cepat mendekati Waymo, anak perusahaan Alphabet yang fokus mengembangkan teknologi mobil otonom. Honda mengaku telah melakukan pembicaraan formal dengan Waymo untuk beberapa kemungkinkan kerja sama mobil otonom.
Perusahaan asal Jepang itu mengatakan kendaraannya bakal diintegrasi dengan teknologi otonom garapan Waymo. Honda menambah daftar perusahaan pemasok kendaraan untuk mendukung pengembangan teknologi otonom Waymo, sekaligus mengizinkan Waymo melakukan modifikasi peranti keras maupun lunak terhadap mobil Honda.
"Sebagai bagian dari diskusi dalam kolaborasi teknis, Honda dapat memberikan kendaraan untuk Waymo yang dapat diakomodasikan dengan teknologi otonom Waymo. Kendaraan ini dapat bergabung dengan barisan kendaraan Waymo, yang sekarang sedang diuji di empat kota di Amerika Serikat," tulis Honda dalam rilis pers.
Honda menjadi kolaborator kedua bagi Waymo setelah perusahaan Fiat Chrysler yang sejak pertengahan 2015 mendukung proyek mobil tanpa sopir Google. Waymo telah menanam sistem deteksinya ke mobil minivan Chrysler Pacifica. Sistem itu terdiri atas kamera, radar, GPS, dan sensor lain.

Mobil Pintar Google

Waymo, anak usaha Alphabet yang mengembangkan teknologi mobil otonom, memamerkan kendaraan pertamanya berupa Fiat Chrysler Pacifica dengan berbagai sensor di tepi dan atap mobil. (Foto: CEO Waymo John Krafcik via Medium)

Honda menjanjikan stafnya yang berada dalam divisi riset di California, dan Tochigi, Jepang, akan berkolaborasi dengan staf riset Waymo di Mountain View, California, dan Novi, Michigan.
Honda sendiri sebelumnya telah mengumumkan keinginan untuk memproduksi kendaraan dengan kemampuan otonom di jalan raya pada 2020.

Mobil OtonomMobil tanpa SopirWaymoGoogleHonda

500

Baca Lainnya