kumparan
27 Oktober 2017 16:54

Daftar 20 Finalis Kompetisi Startup Telkomsel The NextDev 2017

Startup Showcase The NextDev 2017 Bandung. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)
Kompetisi startup The NextDev sudah digelar oleh Telkomsel sejak tahun 2015 lalu. Setiap tahunnya, kompetisi ini mencari startup-startup terbaik yang dapat memberikan dampak sosial bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
Di tahun ketiganya, yaitu 2017, Telkomsel kembali menggelar kompetisi The NextDev yang kini sudah sampai pada tahap 20 besar startup terbaik. Ke-20 startup itu berhasil terpilih dari total 1.797 peserta yang telah terdaftar dalam kompetisi ini sejak Juli sampai Oktober.
Dalam menentukan 20 peserta terbaik, sebelumnya para juri telah melakukan penilaian dari seluruh aplikasi yang masuk, dan mengerucut kepada 100 aplikasi terbaik. Setelah itu dilakukan penilaian berdasarkan lima komponen, yaitu problem, solution, business model, readiness level dan visualization.
Para finalis itu dinilai oleh juri-juri yang merupakan praktisi dan pakar berpengalaman sesuai dengan sub tema yang ditentukan dalam The NextDev 2017, di antaranya adalah agrikultura, kesehatan, pendidikan, dan transportasi.
20 finalis The NextDev 2017 adalah sebagai berikut.
ADVERTISEMENT
Kategori Kesehatan
- Medicaboo (Pekanbaru)
- Comrades (Bandung)
- Siab Siaga (Surakarta)
- Lactashare (Malang)
- CekMata (Surabaya)
- I Care Indonesia (Jakarta)
Kategori Pendidikan
- Squline (Jakarta)
- Qeedee (Depok)
- Kapiler (Depok)
- EduBraille (Surabaya)
Kategori Agrikultura
- Karapan (Surabaya)
- Kopitani.ID (Makassar)
- Pak Tani Digital (Medan)
- Lindungi Hutan (Semarang)
- Bantu Ternak (Yogyakarta)
- Growpal (Surabaya)
Kategori Transportasi
- Marlin Booking (Batam)
- Botika (Yogyakarta)
- Share Trans (Denpasar)
- Go Bandung Disiplin (Bandung)
Selanjutnya 20 finalis itu akan mengikuti kegiatan mini bootcamp pada 19 November 2017, di mana mereka akan memperoleh UI/UX Technical workshop, Go To Market workshop, dan Pitching Investment workshop. Setelah mini bootcamp, para finalis akan mengikuti tahapan seleksi final yaitu Final Pitching di hadapan para juri serta Investor Meet Up di mana mereka akan dipertemukan dan berinteraksi dengan berbagai investor.
ADVERTISEMENT
Setelahnya, baru dipilih empat finalis terbaik yang akan mempertarungkan ide dan inovasinya untuk mendapatkan hadiah utama yaitu 7M. Tapi, 7M di sini maksudnya bukan uang Rp 7 miliar, melainkan terdiri dari Market Access (akses pasar), Marketing (publisitas), Mentoring (pelatihan dan pendampingan), Management Trip (study visit ke pelaku industri telekomunikasi di luar negeri), Money (uang tunai), Monetizing (peluang besar untuk memperoleh pendapatan melalui kolaborasi dengan stakeholder terkait), dan Match Expert (perekrutan profesional sesuai dengan kebutuhan untuk pertumbuhan bisnis startup).
Adita Irawati, VP Corcomm Telkomsel (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
"The NextDev bukan hanya kompetisi tapi juga komunitas yang kita galang untuk membuat aplikasi yang bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Bagaimana aplikasi itu bisa memberikan solusi," ujar VP Corporate Communication Telkomsel, Adita Irawati, dalam acara pengumuman 20 finalis tersebut di JSC Hive Coworking Space, Jakarta, Jumat (27/10).
ADVERTISEMENT
Adita mengatakan, di tahun ketiga dari The NextDev ini cakupan startup yang mendaftar lebih luas dari sebelumnya. Cukup banyaknya peserta yang mendaftar dari daerah Indonesia bagian timur menjadi bukti antusiasme terhadap kompetisi The NextDev, juga menunjukkan ekosistem digital di Indonesia yang semakin luas.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan