• 3

Twitter Ungkap Jumlah Kicauan 'Om Telolet Om' Setiap Menit

Twitter Ungkap Jumlah Kicauan 'Om Telolet Om' Setiap Menit



Ilustrasi Telolet

'Om telolet om' dari Indonesia jadi trending topic dunia. (Foto: Bagus Permadi)
"Om Telolet Om" sukses jadi topik paling diperbincangkan di media sosial Twitter sepanjang hari Rabu (21/12). Bukan cuma di Indonesia, tapi dunia. Keramaian ini disoroti secara khusus oleh Twitter yang melakukan penghitungan jumlah kicauan terkait #OmTeloletOm secara global.
Menurut laporan resmi Twitter, terdapat 1,2 juta kicauan #OmTeloletOm pada 21 Desember 2016 sampai pukul 23.30 WIB. Puncak percakapan Om telolet om terjadi pada pukul 12.33 WIB kemarin, dengan 1.800 kicauan per menitnya.
'Telolet' mengacu pada bunyi klakson bus-bus antar kota atau provinsi yang telah dimodifikasi sehingga mengeluarkan bunyi: telolet-telolet. Anak-anak hingga remaja di sejumlah daerah Indonesia belakangan ini sering berburu bunyi telolet dari sopir bus dengan berdiri di pinggir jalan sambil teriak atau memajang poster "Om telolet om."
Aksi mereka banyak direkam oleh warga lain lalu diunggah ke media sosial sehingga jadi pembicaraan.
Ledakan telolet secara global terjadi berkat kicauan para musisi electronic dance music (EDM), yang dimulai dari Zeed, kemudian diikuti oleh Martin Garrix, Hardwell, DJ Snake, Major Lazer, Yellowclaw, The Chainsmokers, sampai Kaskade.


Para musisi EDM ini menilai nada telolet ini menarik. Sejumlah musisi EDM telah membuat lagu remix memanfaatkan nada itu, misalnya grup Firebeatz dari Belanda dan Dillon Francis dari Amerika Serikat.


Pembicaraan seputar telolet sampai Kamis (22/12) masih terjadi dan Twitter Indonesia menghitung secara realtime jumlah kicauannya yang bisa dilihat pada tautan ini.

MusikMedia SosialTeloletTwitter

500

Baca Lainnya