• 1

Curangi Emisi, VW Siap Perbaiki dan Beli Kembali 558 Ribu Mobil

Curangi Emisi, VW Siap Perbaiki dan Beli Kembali 558 Ribu Mobil



Logo Volkswagen

Logo Volkswagen (Foto: Renehesse)
Produsen otomotif Volkswagen terus menelan pil pahit atas tindakannya menyurangi data emisi gas buang pada sejumlah tipe mobil di Amerika Serikat. Jika ditotal, VW harus menarik 558.000 mobil di AS dan harus mengeluarkan dana lebih daru 16 miliar dollar AS.
Dalam kesepakatan terbaru dengan Badan Perlindungan Lingkungan AS (Environmental Protection Agency/EPA), Selasa (20/12), hakim Charles Breyer dari San Francisco, menjelaskan penarikan ini mencakup mobil merek VW, Audi, dan Porsche dengan mesin 3.0 liter.
Kali ini, perusahaan itu harus menarik sekitar 83.000 mobil berkapasitas mesin 3.0 liter produksi tahun 2009 sampai 2016. Jumlah itu meliputi 63.000 mobil yang dirilis pada 2013 sampai 2016 dan 20.000 mobil produksi 2009 sampai 2012.
Dalam kesepakatan ini Volkswagen memiliki beberapa pilihan penarikan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan dan konsumen, yaitu memperbaiki mobil, membeli kembali, atau mengakhiri sewa pada konsumen.
Regulator urusan lingkungan AS memperkirakan biaya penyelesaian skandal emisi pada mobil 3.0 liter memakan biaya sekitar 1 miliar dollar AS. Reuters melaporkan angka di atas termasuk 225 juta dollar AS pendanaan terhadap proyek-proyek yang fokus pada pengurangan emisi nitrogen oksida di AS, ditambah 25 juta dollar AS untuk mendukung program penggunaan kendaraan nol emisi.
Rincian perjanjian antara pemilik mobil dengan VW masih diproses oleh hakim federal San Francisco, California.
Sebelumnya, pada Oktober lalu, VW juga sepakat untuk menarik 475.000 mobil mesin diesel kapasitas 2.0 liter yang pilihannya termasuk membeli kembali kendaraan konsumen tanpa melihat kondisinya. VW diprediksi harus menggelontorkan dana sekitar 15 miliar dollar AS.
Pengakuan VW
Presiden dan CEO Volkswagen Amerika, Hinrich Woebcken, berkata perjanjian itu merupakan langkah maju pihaknya dalam upaya memberi hal yang benar bagi konsumen. Dia juga menyebut ini sebagai "resolusi yang adil dan wajar."

Ini merupakan langkah penting ke depan sebagai upaya kami memberi hal yang benar bagi pelanggan.

- Hinrich Woebcken, Presiden dan CEO Volkswagen Amerika

VW menghadapi hukuman ini setelah tahun lalu diketahui melakukan kecurangan pada tes polusi udara oleh EPA. Skandal ini telah merusak reputasi dan menyakiti penjualan VW.
Perusahaan mengaku pada September 2015 telah menginstal peranti lunak rahasia pada 475.000 mobil diesel kapasitas 2.0 liter di AS untuk menipu tes emisi gas buang dan membuat mobil tampak lebih "hijau" dari sebenarnya.
Hakim AS juga mengatakan perusahaan teknik Robert Bosch asal Jerman, yang memproduksi peranti lunak mesin diesel VW, telah setuju untuk menyelesaikan tuduhan sipil di Negeri Paman Sam.

PorscheTeknologiVolkswagenMobilOtomotif

500

Baca Lainnya