kumparan
19 September 2017 16:18

Menumbuhkan Sayang Lapisan Ozon Bagi Anak Usia Dini

Tampak berbeda di Taman Heulang Bogor pada Minggu pagi tanggal 17 September 2017 yang lalu. Sekelompok anak usia 6 sampai 9 tahun berkampanye tentang perlunya melindungi lapisan ozon (O3) diantara keramaian pengunjung yang sedang beraktivitas olahraga pagi. Beragam kegiatan mereka lakukan pagi itu, dari jalan mengelilingi taman sambil mengacungkan poster , menghampiri setiap pengunjung taman serta penandatangan petisi bersama.
Sebagai generasi penerus, menanamkan kesadaran peduli lingkungan perlu dilakukan sejak usia dini. Termasuk salah satunya mengajak mereka berkampanye untuk melindungi lapisan ozon yang terus menipis, antara lain diakibatkan penggunaan cairan pendingin (refrigerant) pada freezer, lemari es, air conditioner (AC) yang berlebihan.
ADVERTISEMENT
Lapisan ozon diciptakan untuk melindungi mahluk hidup dan ekositem di bumi dari dampak buruk sinar ultraviolet dari matahari dengan sinar energi yang tinggi. Dampaknya sudah terlihat saat ini, seperti naiknya permukan air laut akibat es dikutub yang mencair, perubahan cuaca yang tidak menentu, dan bagi manusia merusak daya tahan tubuh, katarak serta kangker kulit.
SD Kreativa Bogor, salah satu sekolah yang membekali pembelajaran lingkungan bagi anak didiknya turut berpatisipasi memperingati hari ozon interasional yang jatuh setiap tanggal 16 September. Melaluinya kegiatan ini diharapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi perisai bumi (ozon) dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dengan mengurangi kosumsi produk-produk yang ramah lingkungan.
Selamat Hari Ozon Internasional !!!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan