Food & Travel
·
13 September 2021 17:30
·
waktu baca 3 menit

Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga

Konten ini diproduksi oleh Agaton Kenshanahan
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150636)
searchPerbesar
Bendungan Kuningan. Foto: Agaton K
Pembangunan Bendungan Kuningan yang sudah diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa (31/8) menuai daya tarik warga. Namun, mereka yang mengunjungi bendungan di Kecamatan Cibereum, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, itu mesti menuai rasa kecewa.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, bendungan yang sudah diresmikan orang nomor 1 di Indonesia itu belum dibuka untuk umum. Pantauan di lapangan pada Minggu (12/9), gerbang akses menuju bendungan utama masih ditutup dan tertulis 'dilarang masuk bagi yang tidak berkepentingan'.
Warga yang kebingungan tak bisa masuk pun hanya bisa berputar-putar di luar area bendungan. Sebagian di antaranya terpaksa berfoto-foto saja di luar gerbang.
"Sudah jauh kemari tapi tak bisa masuk. Kemarin sih (datang) setelah lihat status teman foto di sini. Ternyata tak bisa masuk," kata pria paruh baya asal Kecamatan Luragung, Kuningan, yang tak mau disebutkan namanya.
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150637)
searchPerbesar
Warga memadati gerbang proyek Bendungan Kuningan. Foto: Agaton K
Tak sedikit warga yang mengira bendungan yang sudah diresmikan Jokowi itu bisa dikunjungi masyarakat umum. Hal ini terlihat dari ramainya warga yang berbondong-bondong datang ke tempat tersebut.
ADVERTISEMENT
Sejumlah warga datang menggunakan motor berboncengan, ada pula yang datang naik mobil bersama keluarga. Akibatnya, kendaraan pengunjung diparkirkan di pinggir jalan menuju bendungan.
"Kecewa, sih, dikira sudah dibuka karena sudah peresmian, ternyata masih tutup," kata Suyanti Multazami (23), warga asal Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kuningan, yang menempuh sekitar 34 km untuk sampai ke bendungan itu.
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150638)
searchPerbesar
Warga berfoto di depan mural 'Bendungan Kuningan'. Foto: Agaton K
Suyanti mengaku rela bangun pagi hanya untuk mengunjungi bendungan baru di Kabupaten berjuluk Kota Kuda ini. Suyanti yang datang bersama keluarga besarnya terpaksa putar balik lantaran saat sampai tujuan mobilnya tak bisa masuk ke gerbang bendungan.
"Tapi enggak apa-apa. Di perjalanan menuju kesananya berkesan karena bareng keluarga. Semoga dengan dibangunnya Bendungan Kuningan bisa bermanfaat buat semua ya, buat lingkungan dan juga masyarakat," kata dia.
ADVERTISEMENT
Bendungan Kuningan telah rampung dan diresmikan Jokowi setelah memakan waktu 7 tahun pembangunan. Bendungan ini diklaim sudah bisa difungsikan usai menelan biaya hingga Rp 513 miliar.
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150639)
searchPerbesar
Warga berfoto di depan mural 'Bendungan Kuningan'. Foto: Agaton K
"Alhamdulillah, Bendungan Kuningan di Provinsi Jawa Barat yang telah dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp 513 miliar hari ini selesai dan siap untuk difungsikan," ujar Jokowi dalam Seremoni Peresmian Bendungan Kuningan, Selasa (31/8).
Bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 25.96M³ ini difungsikan untuk mengairi lahan sawah 3.000 hektare di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Brebes. Bendungan ini juga menyediakan pasokan air baku dan penghasil listrik sebesar 0,50 MegaWatt.
Selain itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Bendungan Kuningan juga berpotensi untuk tujuan wisata.
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150640)
searchPerbesar
Salah satu gerbang akses menuju Bendungan Kuningan. Foto: Agaton K
"Bendungan ini juga berpotensi untuk meningkatkan kawasan wisata di Kuningan karena juga tidak jauh dari permukiman sehingga harus kita tata betul kawasannya," ujar Basuki, Selasa (31/8), mengutip dari Antara.
ADVERTISEMENT
Belum jelas alasan Bendungan Kuningan masih ditutup bagi warga yang ingin berkunjung. Saya sudah mencoba menghubungi nomor kontak Diskominfo Kuningan, Dinas PUTR Kuningan, hingga Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung untuk mencari jawaban, akan tetapi tidak ada respons.
Kecewa! Bendungan Kuningan yang Diresmikan Jokowi Belum Bisa Dikunjungi Warga (150641)
searchPerbesar
Kendaraan pengunjung memadati jalan akses menuju Bendungan Kuningan. Foto: Agaton K
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white