Tenang, Zodiak Tidak Mencerminkan Kepribadian Kok

Seorang mahasiswa jurusan marketing komunikasi BINUS yang sedang berjuang melewati tantangan - tantangan untuk menjadi seorang yang sukses dalam bidang komunikasi.
Konten dari Pengguna
11 Januari 2022 22:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Ajarsaka Wirawan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tenang, Zodiak Tidak Mencerminkan Kepribadian Kok (200513)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber gambar: pexels.com/photo
Membaca zodiak seseorang merupakan salah satu cara manusia untuk membaca sifat dan karakter seseorang. Bahkan, seseorang bisa memiliki asumsi buruk terhadap orang lain hanya karena zodiak yang mereka miliki. Penilaian terhadap zodiak itu sendiri bisa terbuat dari pengalaman oleh seseorang dalam menghadapi beberapa zodiak tertentu. Berbagai macam informasi mengenai zodiak juga mudah dicari dengan menggunakan internet sehingga beberapa orang bisa terpengaruh oleh informasi tersebut dan bahkan bisa memiliki asumsi buruk terhadap orang lain berdasarkan informasi yang telah didapatkan. Di sisi lain, tidak sedikit orang tetap mempercayai bahwa zodiak mampu menggambarkan karakter seseorang bahkan sebelum mengenali orang tersebut lebih dalam.
ADVERTISEMENT

Zodiak tidak menggambarkan kepribadian seseorang

Apakah seorang Gemini memang memiliki karakter seperti Gemini yang seharusnya?
Banyak zodiak yang dimiliki seseorang karakternya berbeda dengan karakter yang seharusnya dimiliki oleh zodiak tersebut. Orang yang memiliki zodiak Gemini belum tentu memiliki sifat seperti Gemini yang seharusnya. Hal tersebut dikarenakan penelitian oleh para astronom yang menyatakan bahwa pergerakan bumi mempengaruhi perubahan rasi bintang (zodiak) seiring waktu. Kejadian tersebut membuat posisi astrologi saat ini berbeda dengan posisi astrologi pada zaman kuno. Sehingga jika seseorang lahir pada rasi bintang Taurus, tidak tentu zodiak orang tersebut adalah Taurus karena perbedaan rasi bintang pada zaman kuno dengan rasi bintang saat ini. Maka dari itu, zodiak bukan merupakan hal yang bisa kita jadikan sebagai bahan penilaian kita terhadap seseorang.
ADVERTISEMENT

Faktor yang menggambarkan kepribadian seseorang

Selamanya kita tidak bisa bertaut kepada zodiak seseorang untuk menilai mereka. Menurut Yusuf dan Nurhisan (2008), kepribadian seseorang disebabkan oleh faktor genetika dan faktor lingkungan. Faktor genetika mengalir dalam tubuh kita sejak dalam masa kandungan. Maka dari itu, kita cenderung memiliki karakter yang serupa dengan orang tua kita. Jika orang tua kita memiliki temperamen yang tinggi, sangat besar kemungkinannya untuk diri kita turut memiliki sifat yang serupa. Faktor lingkungan sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu keluarga, kebudayaan dan sekolah.

Keluarga

Sebagai lingkungan pertama dalam dunia, keluarga menjadi penentu utama dalam pembentukan kepribadian seseorang. Apa pun sifat dan cara berperilaku yang dilakukan oleh orang tua akan tertanam pada memori seorang anak sehingga menjadi contoh untuk mereka dalam memiliki sifat dan cara berperilaku.
ADVERTISEMENT

Kebudayaan

Kebudayaan masyarakat juga mempengaruhi warga lain dengan cara berpikir, berperilaku atau bersikap. Misalnya, seseorang yang tinggal di perumahan setiap sorenya mendapatkan sapaan dari para tetangga saat ia olahraga. Hal tersebut akan mempengaruhi kepribadian seseorang untuk memiliki sifat yang ramah sosial.
Sekolah
Sekolah merupakan lingkungan luar yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Memiliki teman menimbulkan sifat percaya diri kepada seseorang karena merasa diterima oleh teman yang sebaya. Bagaimana cara seseorang diperlakukan oleh pergaulannya juga dapat mempengaruhi sifat seseorang. Jika seseorang memiliki sifat yang arogan, hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh pergaulannya yang juga terisi oleh orang-orang yang memiliki sifat yang arogan sehingga mempengaruhi kepribadian orang tersebut.
Menurut saya, memberi penilaian terhadap seseorang berdasarkan zodiaknya merupakan hal yang hanya akan menutup potensi hubungan yang lebih baik terhadap satu sama lain. Misalnya, saya berkenalan dengan orang baru dan dia adalah seorang Aries. Esok harinya, orang tersebut mengajak saya untuk bertemu lagi. Namun, saya menolak ajakan tersebut, karena saya menilai orang tersebut memiliki sifat arogan jika dilihat berdasarkan zodiaknya. Sedangkan, sebenarnya dia bukanlah orang yang arogan. Hal tersebut terjadi karena saya sudah memiliki praduga terhadap orang tersebut.
ADVERTISEMENT
Selamanya zodiak tidak bisa menjadi bahan penilaian terhadap seseorang. Karena kepribadian seseorang tidak terbentuk melalui zodiaknya. Kepribadian seseorang terbentuk melalui pengalaman dan pelajaran hidup yang telah dialami seseorang sejak masa kecil dari lingkungan keluarga, kebudayaan hingga sekolah dan pergaulan.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020