• 3

Mereka yang Memberikan Penghormatan untuk Gianluigi Buffon

Mereka yang Memberikan Penghormatan untuk Gianluigi Buffon


Timnas Italia

Pemain Italia tertunduk lesu (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Dua puluh tahun bermain sepak bola memang bukan waktu yang sebentar. Pengalaman bertanding hingga gelar juara pasti sudah pernah dirasakan dalam kurun waktu 20 tahun tersebut. Maka dari itu, ketika memutuskan berhenti, rasa hormat dan tangisan pasti akan mendampingi.
Inilah yang terjadi kala Gianluigi Buffon memustukan untuk berhenti dari Tim Nasional (Timnas) Italia. Ya, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB menjadi hari terakhir Buffon berseragam Italia. Di hadapan ribuan pasang mata di Stadion San Siro, Milan, Buffon pamit.
Nahasnya, Buffon pamit dalam keadaan yang kurang enak. Italia gagal dibawanya lolos ke putaran final Piala Dunia yang akan berlangsung tahun depan di Rusia. Italia harus rela tak lolos usai gagal menaklukan Swedia. Dalam pertarungan dua leg, Italia kalah agregat dengan skor 0-1.

Usai pertandingan tersebut, Buffon memutuskan gantung sepatu dari Timnas Italia. 175 penampilan sudah dijalankan penjaga gawang Juventus itu bersama Timnas Italia. Dimulai pada debutnya dalam play-off Piala Dunia 1998 menghadapi Rusia dan di akhiri dengan play-off Piala Dunia 2018 di Rusia.
Satu gelar prestisius, yakni Piala Dunia 2006, telah Buffon dapatkan. Semakin mengesankan karena dalam turnamen tersebut, gawang Buffon hanya kemasukan bola sebanyak dua kali.
Penampilan yang apik serta santunya Buffon di lapangan mendapatkan penghormatan dari kawan-kawannya sesama pesepakbola. Banyak yang memberi ucapan dan penghormatan mana kala tau Buffon memutuskan pensiun dari Timnas Italia.

Iker Casillas

Pemain yang satu posisi dengan Buffon mengucapkan perpisahannya melalui akun media sosialnya. "Saya tidak suka melihat kamu seperti itu! Saya ingin meilhat kamu sebagai apa yang kamu miliki dan masih banyak lagi, Legenda. Bangga bisa bertemu kamu dan bangga bisa berhadapan dengan kamu beberapa kali. Kamu masih yang terbaik di sepak bola, teman," tulis Casillas.

Sergio Ramos


Pemain asal Spanyol lainnya yang memberikan ucapan perpisahan untuk Buffon adalah Sergio Ramos. Ramos, yang sempat beberapa kali satu lapangan dengan Buffon, juga memuji penjaga gawang berusia 39 tahun itu. "Piala Dunia akan merindukanmu, Buffon. Tegarlah kawan, kamu merupakan pemain besar," tulis Ramos.

Franck Ribery

Kali ini adalah pemain Bayern Muenchen asal Prancis, Franck Ribery yang mengucapkan perpisahan untuk Buffon. Pemain yang dikalahkan Buffon pada partai final Piala Dunia 2006 menaruh hormat yang tinggi kepada sang penjaga gawang tersebut. "Lawan yang tangguh dengan karakter yang baik dan idoa untuk semua pemain, respek untuk karier international kamu, Buffon," tulis Ribery.

Arturo Vidal

Vidal mungkin merasakan hal yang sama dengan Buffon. Pasalnya, pemain asal Chile ini juga gagal mengantarkan negaranya ke Piala Dunia 2018 mendatang. Namun, pemain yang sempat satu tim dengan Buffon ini memberikan ucapan atas keputusan Buffon tersebut. "Kamu akan selalu menjadi yang nomor satu, saudaraku," tulis Vidal.

Essam El-Hadary


Nama yang cukup asing di telinga pecinta sepak bola dunia. Namun percayalah, Essam El-Hadary penjaga gawang berusia 40 tahun asal Mesir ini menaruh hormat yang tinggi kepada Gigi Buffon. Kalau tidak percaya lihat saja cuitannya berikut ini. "Saya tidak bisa menemukan kata-kata yang pantas, satu-satunya hiburan saya adalah saya ada di sana dan saya akan menebus ketidakhadiran anda. Semua yang bermain di Piala Dunia akan bermain untuk anda, Legenda!



SportsSepak BolaPiala DuniaTimnas Italia

500

Baca Lainnya