kumparan
3 Des 2018 5:42 WIB

Makna Ukhuwah hingga Mengenal Triple Crown of Motorsport

Peserta Reuni 212 mengibarkan sejumlah bendera di kawasan Monumen Nasional, Jakarta (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Aksara edisi kali ini memuat empat user story menarik yang membahas berbagai topik berbeda. Mulai dari bicara tentang makna ukhuwah hingga penjelasan tentang Triple Crown of Motorsport. Seperti apa? Simak ulasan singkatnya.
ADVERTISEMENT
1. Makna Ukhuwah yang Sesungguhnya
Jika Anda pernah berkelompok pada kumpulan-kumpulan yang mempelajari Al-Quran secara bersinambungan, Anda akan merasakan itu. Sebuah ikatan yang tak terlihat, ketika Anda menandai siapa orang-orang yang punya kegelisahan sama dengan Anda. Kelompok kajian, halaqah, liqa’, jemaah, apa pun namanya. Anda akan menerima sebuah hadiah yang Anda pun susah menerjemahkannya. Namanya ukhuwah. Sebuah ikatan persaudaraan sesama Muslim.
Konsep yang cukup dekat agar Anda mendapatkan sebuah gambaran adalah: persahabatan. Bukankah kadang persahabatan lebih kuat ikatannya dibandingkan pertalian darah? Anda merasakan kesamaan diri Anda dengan orang lain. Bukan satu, dua, atau lima, melainkan tak terhitung jumlahnya.
2. Apa yang Paling Ditakuti dari Reuni 212?
Angin perubahan (wind of change) itu sepanjang pagi hingga siang hari ini, Ahad (2/12), berhembus kencang dari arah lapangan Monas, Jakarta.
ADVERTISEMENT
Kendati dibungkus sebagai apel Operasi Lilin, yakni operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru, namun agak sulit untuk membantah, gelar 43 ribu pasukan TNI dan sembilan ribu pasukan Polri di sana sebagai show of force untuk menakut-nakuti kafilah yang akan hadir dalam reuni.
3. Mengenal Triple Crown of Motorsport: 3 Gelar untuk 'Keabadian'
Mengapa Fernando Alonso ngotot untuk mengikuti, bahkan memenangkan Indy500? Jawabannya adalah karena ia mengincar gelar Triple Crown of Motorsport.
Triple Crown adalah pencapaian prestisius tidak resmi di dunia balap roda empat. Maksudnya, ini bukan gelar yang dibikin oleh federasi balap internasional, macam FIA atau sejenisnya, tetapi lebih kepada pengakuan publik. Artinya, jika ada pebalap yang berhasil memenangkan Triple Crown of Motorsport, ia layak dikenang abadi sepanjang masa dan diakui sebagai salah satu yang terhebat di dunia.
ADVERTISEMENT
4. Indonesia Bebas Konflik, Kendati Ada Upaya Mengeskalasi Tensi Politik
Saya memastikan stabilitas negara sangat kondusif, karena TNI, Polri, dan semua unsur penegak hukum, tetap mengelola aspek keamanan dan ketertiban umum sebagaimana seharusnya. Masyarakat tidak perlu cemas menyikapi gerakan-gerakan yang provokatif maupun pernyataan-pernyataan yang cenderung menakut-nakuti.
Karena itu, bersama TNI, Polri, pemerintah, serta DPR memastikan bahwa penyelenggaraan pemilu tahun 2019 akan berlangsung aman dan damai. Pemilihan anggota legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) tetap akan menjadi pesta demokrasi sekaligus menjadi ruang bagi semua komponen masyarakat melaksanakan kedaulatannya.
Baca terus Aksara edisi lainnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan