Pencarian populer

Menyelami Jepang, Kuba, hingga Kanada

Saat masyarakat Kuba menghadiri diskusi publik tentang perubahan konstitusi negara, Havana, Kuba (13/08/2018). (Foto: REUTERS/Tomas Bravo)

User kumparan memiliki beragam latar belakang. Dari tulisan pejabat hingga diplomat bisa kamu temukan. Seperti dalam Aksara edisi ini, empat dari lima user merupakan diplomat. Mereka berbagi pengalaman, apa yang mereka lihat dan pelajari selama mengabdi di suatu negara.

Simak ulasannya di bawah ini. Kamu bisa mengeklik untuk membaca selengkapnya tulisan mereka.

1. 8 Fakta Menarik yang Tidak Banyak Diketahui tentang Kuba (Dina Martina)

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Anda jika mendengar kata "Kuba”? Untuk sebagian orang yang pernah saya tanya, Kuba identik dengan “drug”. Sementara untuk sebagian orang yang paham, Kuba identik dengan “Fidel Castro”, pemimpin besar Revolusi Kuba yang cukup dikenal.

Ada banyak fakta menarik dari Kuba yang tak banyak diketahui orang.

2. Jepang, 'Ikigai', dan Pembelajaran Hidup (Muchlis R Luddin)

Di masyarakat Jepang, kebahagiaan itu tak bersifat statis, tak sepi, atau stagnan. Kebahagiaan itu bersifat sibuk, dinamis. “The happiness of always being busy”.

Orang saling bekerja dan saling membantu satu sama lain, sehingga tak ada satupun masalah yang terjadi di dalam masyarakat yang tak terselesaikan.

3. Kamakura: Kampung Halaman Samurai Jepang (Leny Marliani)

Zaman Kamakura merupakan zaman pertama dalam pembabakan sejarah Jepang, di mana kekuasaan politik Jepang berada di tangan Shogun (Panglima Militer) dan Kaisar hanya menjadi simbol kepala negara. Zaman Kamakura mengambil nama dari Kota Kamakura, tempat di mana pusat pemerintahan Jepang di masa itu berada.

Kota Kamakura saat ini merupakan kota kecil yang bisa dijangkau dari Tokyo kurang dari satu jam dengan menggunakan kereta. Dan di sini kita dapat menyaksikan peninggalan sejarah Jepang pada masa ketika Samurai mulai muncul di tengah-tengah masyarakat Jepang.

4. Trudeau dan Dua Kandidat Muda dalam Pertarungan Pemilu Kanada 2019 (Nova Maulani)

Tahun 2019 bukan cuma tahun pemilu di Indonesia. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dari Partai Liberal Kanada, yang terkenal sebagai pemimpin negara muda dan ganteng, akan kembali bertarung dengan calon ketua partai-partai lainnya untuk memperebutkan posisi Perdana Menteri Kanada periode 2019-2023.

Salah satu alasan Pemilu Federal Kanada 2019 menarik adalah sosok pesaing Justin Trudeau, yaitu Andrew Scheers dari Partai Partai Konservatif dan Jagmeet Sigh dari Partai Demokrasi Baru (NDP), yang keduanya masih berusia di bawah 40 tahun.

5. 5 Cara untuk Bisa Mengikuti Sidang Pertemuan di PBB (Nara Rakhmatia)

Ada banyak cara lho untuk dapat mengikuti pertemuan, atau yang biasa disebut sebagai sidang, di PBB. Sama banyaknya dengan jalan menuju Roma. Kamu mau tahu apa saja caranya? Simak tulisan ini.

Ikuti terus Aksara untuk membaca tulisan-tulisan menarik dari user kumparan di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: