• 2

Indra Sjafri: Tidak Ada Alasan untuk Tak Mainkan Egy

Indra Sjafri: Tidak Ada Alasan untuk Tak Mainkan Egy


Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri di semifinal AFF U-19 2018. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Keputusan mengejutkan diambil pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Indra Sjafri, kala menurunkan sebelas pemain yang akan menghadapi Malaysia U-19 di laga semifinal Piala AFF U-19 2018. Pelatih asal Sumatera Barat itu berani menurunkan Egy Maulana Vikri.
Memang, tak ada yang salah dengan putusan Indra. Toh, selama lima pertandingan fase grup gelaran ini, Indra selalu menekankan tak ada pemain inti dan cadangan. Tak ada perbedaan karena kualitas semua pemain merata dan mereka adalah yang terbaik.
Tetapi, perlu diketahui, Egy baru saja kembali dari perjalanan jauh Polandia-Indonesia yang memakan waktu tak kurang dari 20 jam pada Selasa (10/7) lalu. Masa recovery yang singkat, yakni dua hari, melahirkan satu pertanyaan: Mengapa Egy dimainkan?
Indra sendiri telah memiliki jawaban untuk pertanyaan itu. Selepas laga menghadapi Malaysia, di Media Centre Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Indra membeberkan penjelasannya.
"Egy dalam kondisi siap bermain. Jadi tak ada alasan bagi saya untuk tak memainkannya. Jadi, saya pikir, dengan Egy dimainkan itu bisa memberikan kontribusi kepada Saddil (Ramdani) hingga terjadinya gol," ucap Indra.
Indra juga menambahkan bahwa pangkal kekalahan Timnas U-19 bukan lantaran Egy bermain, melainkan persoalan kalah di babak adu penalti.

Timnas Indonesia U-19

Egy rayakan gol di semifinal AFF U-19 2018. (Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

"Kalau secara permainan, saya sampaikan, sudah sesuai dengan yang diinginkan sepanjang 2x45 menit. Dan bisa dikatakan, pada babak kedua kami sangat menguasai jalannya pertandingan."
"Ya, inilah sepak bola yang diakhiri dengan babak adu penalti dan babak penalti juga sudah kami siapkan. Dan bisa dibilang setiap kali kami latihan, kami latihan penalti," kata Indra.


Sepak BolaSportsPiala AFF U-19 2018Timnas IndonesiaEgy Maulana Vikri

presentation
500

Baca Lainnya