E-learning Model Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19

Mahasiswa Aktif Teknik Telekomunikasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Konten dari Pengguna
2 Agustus 2022 14:12
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari ALDO ROHAN HISKIA SARAGIH tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber: Victoria_Art | pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Victoria_Art | pixabay
ADVERTISEMENT
Pandemi Covid-19 yang sudah berlalu sejak 2019 ini mengakibatkan Indonesia mengalami banyak perubahan pada semua aspek kehidupan. Sulitnya penanganan virus Covid-19 ini membuat pemerintah menerapkan kebijakan yang sangat ketat untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Social distancing adalah salah satu kebijakan yang menjadi pilihan untuk menangani masalah virus Covid-19 ini, dengan menerapkan kebijakan social distancing ini yang diharapkan mampu untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Dengan hal ini pemerintah mengharuskan pada setiap masyarakat untuk selalu menjaga jarak.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, social distancing selain dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 kebijakan ini juga berdampak negatif terhadap segala aspek kehidupan khususnya kehidupan yang ada pada masyarakat. Karena dengan adanya social distancing maka pembatasan interaksi sosial masyarakat dapat terhambat sehingga memperlambat laju pertumbuhan dan kemajuan dalam berbagai bidang kehidupan yang ada di lingkungan masyarakat.
Terhambatnya pertumbuhan serta kemajuan dalam berbagai bidang tersebut, yakni salah satunya dalam bidang pendidikan. Di mana dengan adanya pembatasan interaksi antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya mengakibatkan pemerintah menyarankan agar pembelajaran dilakukan secara daring. Peralihan cara pembelajaran ini membuat berbagai pihak perlu mengikuti peraturan yang sekiranya dapat ditempuh agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
ADVERTISEMENT
Pilihan yang paling tepat untuk dapat melaksanakan pembelajaran jarak jauh adalah dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran daring. Indonesia sendiri sudah memasuki era digital di mana pada zaman sekarang sangat memanfaatkan teknologi yang ada. Banyak manfaat yang dapat dicapai dengan memanfaatkan teknologi yang canggih seperti pada masa sekarang ini. E-learning merupakan salah satu jalan pemanfaatan teknologi dalam media pembelajaran daring.
E-learning merupakan pembelajaran secara elektronik atau proses belajar mengajar yang dilakukan secara online. Dalam praktiknya, e-learning memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana belajarnya. Sama seperti prinsip online pada media lainnya, proses belajar-mengajar dalam e-learning dapat dilakukan oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun. Sehingga memanfaatkan media online seperti e-learning ini dapat menunjang terlaksananya pembelajaran dengan baik.
ADVERTISEMENT
Umumnya, e-learning dilakukan melalui media perantara internet berbasis website. Oleh karena itu, semua materi, kuis, dan bahan ajar dapat kita akses melalui sebuah situs web. Sehingga kehadiran e-learning dalam dunia pendidikan pada masa pandemi Covid-19 ini sangat diperlukan karena dapat menjaga terlaksananya pembelajaran meskipun dilakukan dalam jarak jauh.

Manfaat E-Learning dalam Pembelajaran

E-learning sudah sepantasnya untuk dapat diterapkan di segala bidang terlepas dari ada atau tidaknya pandemi Covid-19 ini. Selain untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, e-learning dibutuhkan dalam pembelajaran karena memiliki banyak sekali manfaat yang menguntungkan, yaitu:
1. Efisien dan Praktis
Dengan hadirnya proses e-learning, siswa maupun mahasiswa serta tenaga pengajar dapat melakukan proses belajar-mengajar dengan lebih praktis karena tidak perlu datang ke sekolah ataupun kampus. E-learning dapat diakses di manapun dan kapanpun. Oleh karena itu, e-learning ini juga menjadikan proses belajar-mengajar menjadi lebih efisien.
ADVERTISEMENT
2. Dapat Mengatur Waktu Sendiri
Adanya e-learning ini kita para siswa dan mahasiswa dapat memiliki waktu yang lebih leluasa karena pembelajaran dengan e-learning tidak dilakukan secara on time seperti pada pembelajaran dalam kelas. Sehingga kita dapat mengatur waktu kita sendiri kapan akan mengakses e-learning.
3. Dapat Networking
Belajar dengan media online tentunya membuat kita dapat melakukan networking juga. Karena media online ini yang dapat menjangkau secara luas dan menjadikan kita dapat terhubung secara luas pula. Sehingga memungkinkan kita mendapatkan relasi yang lebih banyak.
4. Tidak Ketinggalan Perkembangan Zaman
Zaman sudah memasuki era digital di mana semua serba teknologi, maka dari itu tidak ada salahnya untuk bidang pendidikan juga memanfaatkan teknologi yang ada guna mengikuti perkembangan zaman. Sehingga dengan mengikuti perkembangan zaman model pembelajaran pun menjadi lebih efektif.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan penjelasan tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa e-learning itu sangat dibutuhkan dan juga perlu untuk diterapkan. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, media online tentu menjadi satu-satunya sarana yang dapat membuat kita update dengan berbagai hal.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020