Pencarian populer
USER STORY
5 Hal Menarik yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nge-Vlog
12 Juni 2017 9:02 WIB
0
0
Vlogging (Foto: Giphy)
Apa saja hal terpenting yang perlu kalian pertimbangkan sebelum membuat vlog di YouTube? Apakah kamu memiliki minat terhadap dunia vlogging? Saat ini, membuat vlog merupakan salah satu salah satu media yang digemari. Selain sebagai sarana menunjukkan kreativitas yang kamu miliki, vlog juga dapat kamu manfaatkan sebagai salah satu media promosi dari bisnis.

Apa Itu Vlogging?
Untuk memulai, pertama kamu perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan vlog. Vlog merupakan sebuah video blog yang biasanya dapat dilihat melalui channel YouTube. Saat ini, membuat vlog sudah menjadi salah satu tren yang ada di YouTube.
Vlog adalah salah satu sarana untuk menunjukkan kreativitas kamu. Melalui vlog, kamu juga dapat bertemu orang dengan minat yang sama. Karena maraknya peminat vlog di masa ini, vlog juga dapat menjadi media yang tepat untuk melakukan promosi bisnis.
Namun, sebelum membuat vlog, ada baiknya kamu mengetahui 5 hal penting agar vlog kamu menarik dan banyak dilihat orang.

1. Senang Belajar
Beauty vlogger pria yang sangat populer (Foto: Instagram @patrickstarrr & @mannymua733)

Jika kamu telah lama mempunyai ketertarikan kepada dunia vlogging dan telah lama mempelajari dan mempraktikkan banyak hal yang berkaitan dengan dunia vlogging, maka itu adalah permulaan yang baik buat kamu. Namun, untuk semakin meningkatkan kemampuan dan menjadi vlogger yang sukses, kamu perlu belajar dan berlatih lebih banyak lagi. Misalnya, kamu seorang beauty vlogger, maka kamu harus senantiasa mengetahui tren make up terbaru, atau teknik make up terbaru. Atau, jika kamu adalah vlogger yang me-review sebuah mobil, game, atau film, maka kamu perlu senantiasa mengetahui informasi terbaru mengenai hal yang kamu minati tersebut.

2. Menyukai Dunia Perfilman dan Editing
PewDiePie, rajanya vlogger youtube (Foto: Youtube)

Vlogging pada dasarnya adalah membuat dan mengedit film. Pada awalnya, mungkin vlog yang kamu buat tidak akan begitu baik, itu adalah hal yang wajar. Namun, setelah kamu terbiasa mengedit beberapa bagian yang sama berkali-kali, dan mengetahui berbagai teknik editing lain, juga semakin terbiasa dengan kamera dan software editing yang kamu gunakan, vlog yang kamu gunakan perlahan-lahan akan semakin baik.

3. Suka Tampil di Media Sosial
Salah satu cara menjadikan channel YouTube kamu sukses adalah mengumpulkan banyak viewers. Untuk itu, kamu perlu membuat berbagai konten yang menarik di channel YouTube. Kamu dapat membuat konten behind the scene, QnA, atau membuat update lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan media sosial lainnya untuk meningkatkan engagement kamu dengan para followers.

4. Memiliki Planning dan Komitmen
Disiplin jadi kunci utama wanita yang doyan main slime ini untuk tetap berkreas. Karena bagaimanapun, ia tetaplah seorang ibu rumah tangga biasa yang harus bisa bagi waktu antara rumah tangga dan edit video. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

Komitmen adalah hal utama yang mesti dimiliki siapapun yang ingin sukses. Tak terkecuali dalam dunia vlogging. Seorang vlogger yang sukses adalah mereka yang memiliki komitmen yang kuat. Semakin banyak waktu dan usaha yang kamu curahkan untuk membuat konten yang baik dan menarik dalam YouTube channel, maka semakin baik hasil yang kamu dapatkan. Untuk itu, kamu perlu membangun kedisiplinan dan motivasi yang tinggi dalam diri kamu, agar channel YouTube yang kamu miliki terisi dengan konten yang baik.
Biasanya, setiap channel vlogging yang sukses memiliki jadwal upload yang rutin dan mereka memiliki komitmen yang kuat terhadap jadwal yang telah ditetapkan tersebut. Jika kamu baru mulai membuat channel YouTube sendiri, sebaiknya kamu coba buat jadwal upload video dan beri tahu ke followers kamu, kapan video berikutnya akan di-upload. Informasi tersebut bisa kamu beri tahu melalui profil di YouTube channel atau di media sosial lain yang kamu miliki. Atau kamu juga bisa memberitahukannya melalui video yang kamu buat.
Dan jangan lupa untuk memperhatikan konsistensi media sosial kamu yang lain. Bila perlu, kamu dapat membuat jadwal waktu dan konten yang ingin kamu unggah di akun media sosial yang lain seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

5. Berinteraksi dengan Viewers
Waving hand (Foto: Giphy)

Terakhir, kamu perlu membangun hubungan dengan viewers atau followers. Sebab, YouTube channel kamu dapat berkembang karena adanya orang yang melihat video kamu. Jika kamu dapat membangun hubungan dengan mereka, maka mereka akan penasaran dengan vlog berikutnya yang akan kamu upload.
Ingatlah bahwa mereka menginginkan kamu se-natural mungkin dalam vlog. Karena itu, saat membuat vlog, kamu dapat berbicara sebagaimana kamu berbicara kepada teman secara langsung. Sampaikan opini, pikiran, atau ide yang kamu miliki seperti sedang mengobrol dalam sebuah forum umum.
Selain itu, kamu juga dapat bercakap-cakap dengan penonton vlog. Lemparkan beberapa pertanyaan seperti pendapat mereka mengenai topik yang kamu sampaikan dalam vlog. Jika kamu melakukannya dengan baik, kamu akan menikmati interaksi dengan penonton vlog dan membangun hubungan yang baik dengan mereka. Dengan begitu, mereka juga akan turut membantu membangun channel YouTube-mu.

Sebelum kamu memutuskan membuat sebuah vlog di channel YouTube, kamu harus mampu menyesuaikan kehidupan kamu dengan vlog yang ingin kamu buat. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan ekspektasi dengan kemampuan kamu, bersabar, dan terus belajar. Jika kamu dapat mengelola channel YouTube dengan baik, maka manfaat besar akan datang menghampiri kamu!
Sumber Berita
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: