News
·
1 Oktober 2020 16:44

Persiapkan Hal ini Sebelum Kuliah di Amerika Serikat

Konten ini diproduksi oleh Alpen Yaputra
Kuliah di Amerika Serikat bisa menjadi kesempatan besar dalam kehidupan Anda. Jika sebuah kesempatan ini datang menghampiri, jangan pernah untuk menyia-nyiakannya. Ada banyak orang yang mungkin merasa pesimis dan takut untuk kuliah ke negeri Paman Sam ini. Namun, hal ini tidak perlu menjadi sebuah hambatan karena ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan ketika mengambil pendidikan di Amerika Serikat.
Persiapkan Hal ini Sebelum Kuliah di Amerika Serikat (103417)
searchPerbesar
kuliah di Amerika Serikat
Langkah-langkah Kuliah di Amerika Serikat
ADVERTISEMENT
Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan ketika Anda akan mendaftar kuliah di Amerika.
1. Tentukan Tujuan Anda
Hal penting yang perlu ditentukan adalah tujuan universitas. Carilah perguruan tinggi yang tepat bukan hanya dari segi ranking tapi Anda suka dengan lokasi lingkungan, pengajaran dan prospek karir setelah lulus dari universitas tersebut. Perlu diingat, ranking universitas yang tinggi tidak menjamin seseorang sukses di masa depan.
2. Ikuti English atau Standar Tes Penerimaan
Langkah berikutnya ketika akan mengambil kuliah di Amerika Serikat adalah mengambil tes English atau lainnya. Semua universitas di Amerika mewajibkan calon mahasiswa untuk mengambil IELTS/TOEFL dan sebagian besar juga mensyaratkan untuk ambil SAT bagi studi S1 serta GMAT/GRE untuk studi S2.
ADVERTISEMENT
Skor yang diminta akan tergantung dari masing-masing universitas. Oleh karena itu, penting persiapan dari awal agar bisa mencapai skor yang dibutuhkan.
3. Pendaftaran
Setelah semua persyaratan dilengkapi, proses selanjutnya adalah pendaftaran. Beragamnya metode pendaftaran kadang membuat kita pusing untuk melengkapi informasi yang akurat dan unggul untuk bisa diterima di universitas yang dituju. Dengan memakai layanan konsultan pendidikan akan mengurangi beban keribetan Anda dalam proses pendaftaran.
4. Persiapkan Anggaran
Tidak perlu dipungkiri lagi, anggaran memang merupakan hal penting dan harus dipersiapkan ketika akan kuliah di luar negeri termasuk Amerika. Jika Anda menginginkan keringanan biaya, Anda bisa memilih universitas yang menyediakan beasiswa bagi pelajar internasional.
5. Mempersiapkan Visa Pelajar
Setelah memutuskan pilihan universitas tujuan, selanjutnya Anda dapat mempersiapkan visa pelajar sebelum berangkat ke Amerika. Permohonan visa bisa diajukan online dan interview di Kedutaan Amerika.
ADVERTISEMENT
Alasan untuk Kuliah di Amerika Serikat
Ada banyak hal menarik yang membuat banyak siswa Indonesia ingin belajar di Amerika. Mari disimak kenapa memilih Amerika sebagai tujuan untuk studi.
1. Layanan Untuk Siswa Internasional
Sebagian besar universitas di Amerika sudah terbiasa untuk menerima pelajar internasional. Oleh karenanya, universitas menyediakan layanan tambahan baik di akademis maupun non akademis agar siswa dapat melakukan transisi dengan baik dan lancar di lingkungan belajar yang baru. Masa orientasi siswa baru disiapkan sedemikian rupa agar pelajar bisa mengenal lebih baik lingkungan belajar.
2. Dukungan Fasilitas yang Baik
Jangan pernah khawatir untuk mengambil kuliah di Amerika Serikat. Universitas memberikan fasilitas dukungan sangat baik untuk siswa-siswa internasionalnya seperti perpustakaan yang nyaman, fasilitas gym atau olahraga yang lengkap, lokakarya ke lokasi yang berkaitan dengan mata kuliah yang diambil dan lainnya.
ADVERTISEMENT
Semua hal ini bisa didapatkan gratis oleh pelajar internasional yang studi di Amerika. Selain itu, siswa-siswa juga bisa mengambil kelas bahasa selain dari Inggris agar menjadi tambahan ilmu ketika siswa sudah lulus kuliah.
3. Lingkungan Akademik Fleksibel
Mengambil pendidikan di Amerika memberikan kenyamanan kepada semua mahasiswa internasional karena metode pendidikan yang sangat fleksibel. Pelajar dibebaskan untuk mengambil mata kuliah apapun di 2 tahun pertama studi S1 lalu di tahun ke 3 dan 4 baru mengambil spesifikasi mau fokus di jurusan apa. Selain itu, siswa juga bisa mengambil mata kuliah tambahan di saat musim panas sehingga ada kesempatan untuk tamat kurang dari 4 tahun.
4. Universitas di USA Merupakan Benteng Keragaman Budaya
ADVERTISEMENT
Seperti yang Anda tahu, mahasiswa yang belajar di Amerika Serikat berasal dari berbagai macam suku, bangsa, negara, bahkan benua. Oleh karena itu, Anda bisa mengenal berbagai macam budaya ketika mengenyam pendidikan disana, mengambil nilai positif dan mengubah cara berpikir serta pandangan yang lebih baik lagi.
5. Ada Beragam Tempat Wisata Menarik
Hal yang paling membuat banyak orang tertarik untuk kuliah pada USA adalah ada banyak tempat wisata. Sembari mengenyam pendidikan, Anda bisa melakukan traveling untuk mengenal berbagai macam kebudayaan di Amerika Serikat serta jangan lupa Anda akan bisa merasakan 4 musim ketika kuliah di sini.
Jika kesempatan datang pada Anda untuk kuliah di Amerika, jangan sia-siakan. Anda ambil karena banyak sekali hal menarik bisa ditemukan disana dan tentunya akan menambah wawasan. Tidak perlu takut jika ada keterbatasan bahasa karena Anda bisa memulai persiapan dari sekarang. Tertarik untuk kuliah di Amerika Serikat? Anda dapat memakai layanan gratis konsultan pendidikan luar negeri yakni JACK Study Abroad.
ADVERTISEMENT
Berpusat di Singapore dan telah 6 tahun lebih berdiri di Indonesia (Gading Serpong, Tangerang & Pondok Indah, Jakarta Selatan). Informasi lebih banyak bisa mengunjungi laman website jackstudy.co.id. Pada 23-25 Oktober 2020, JACK StudyAbroad juga akan mengadakan Virtual Global University Expo, pameran pendidikan virtual kuliah di berbagai negara termasuk Amerika Serikat dengan detail info bisa dilihat di sini.