kumparan
11 Juli 2019 20:42

Bawaslu Maluku Siap Hadapi Gugatan Sidang di MK

Bawaslu Maluku. (Foto: Istimewa)
Ambonnesia.com-Ambon,-Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan perencanaan tekhnis untuk menghadapi sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilihan legislatif.
ADVERTISEMENT
Pihaknya pun telah melakukan komunikasi, dan konsolidasi dengan Bawaslu tingkat kabupaten/kota, dia yakin jajarannya bisa memberikan keterangan secara objektif.
"Sesuai arahan Bawaslu RI, kami (Bawaslu Maluku) merencanakan tahapan teknis menghadapi PHPU," kata Abdullah Ely di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis (11/7) sebagaimana dikutip di situs resmi Bawaslu RI.
Dia menjelaskan, Bawaslu Maluku sudah menyiapkan pemberian keterangan mulai dari koordinasi, penyiapan dan pengumpulan dokumen program dan hasil pengawasan. Termasuk dokumen rekomendasi Bawaslu Maluku maupun kabupaten/kota.
"Datanya banyak, sejak pemungutan dan penghitungan suara, kami sudah membentuk tim yang terdiri dari bagian hukum, data dan informasi untuk menyiapkan keterangan dan jawaban di PHPU," katanya.
Bawaslu Maluku akan menghadapi 14 perkara. Namun, dalam sidang pendahuluan, Partai Garuda mencabut gugatan. Pencabutan gugatan Partai Garuda tidak mempengaruhi dokumen jawaban dan keterangan yang diberikan Bawaslu Maluku ke MK.
ADVERTISEMENT
"Iya, tadi Garuda mencabut gugatan, tapi tidak akan berpengaruh karena jawaban dan keterangan sudah selesai," katanya.
Dalam sidang pendahuluan ini, beberapa kali pemohon menyampaikan rekomendasi Bawaslu Maluku sebagai dalil permohonan PHPU.
"Kita juga mendengarkan itu. Memang kita sudah berusaha melakukan pencegahan, pengawasan. Bahkan sampai penyelesaian sengketa administrasi. Jadi, rekomendasi dan putusan Bawaslu Maluku bisa dijadikan dalil pemohon. Itu juga dokumen yang kami siapkan dalam memberikan jawaban dan keterangan di sidang PHPU," tuturnya. (Amar)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan