kumparan
KONTEN PUBLISHER
14 Juni 2019 21:40

BMKG Himbau Masyarakat Maluku Waspadai Angin Kencang dan Gelombang

WhatsApp Image 2019-06-14 at 23.09.10.jpeg
Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Ashar (Foto: Doc.Ambonnesia.com)
Ambonnesia.com-Ambon,-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap dampak cuaca buruk. Pasalnya, sejak beberapa pekan terakhir angin kencang dan gelombang tinggi menerjang sejumlah wilayah di Maluku.
ADVERTISEMENT
Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMGK Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon, Ashar mengatakan, kecepatan angin tinggi terpantau di perairan Pulau Enggano hingga selatan Pulau Jawa, Pulau Sawu - Rote, Laut Timor, perairan Sulawesi Tenggara, Laut Banda, perairan Kepulauan Sermata, Kepulauan Tanimbar, perairan selatan Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Laut Arafuru, perairan Yos Sudarso hingga Merauke.
"Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," kata Ashar, Jumat (14/6).
Berdasarkan pemantauan yang dilakukan BMKG, kata Ashar, tinggi gelombang mencapai 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di perairan selatan Ambon, Laut Banda, Kepulauan Kei, Kepulauan Aru, Tanimbar, Babar, kepulauan Sermata hingga Leti serta laut Arafuru.
Untuk itu, dia meminta kepada para nelayan agar memperhatikan kondisi keselamatan.
ADVERTISEMENT
Peringatan yang sama juga ditujukan kepada pelayaran kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1,5 meter. Sedangkan untuk kapal Ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter.
Sementara untuk kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau pesiar, peringatan juga disampaikan bahwa kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4,0 meter.
"Kami minta agar masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di wilayah pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi untuk tetap dan selalu waspada," imbaunya. (AHS)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan