kumparan
15 Maret 2019 0:10

Cuaca Buruk, KSOP Ambon Larang Kapal Ukuran Kecil Berlayar

WhatsApp Image 2019-03-14 at 19.39.13.jpeg
Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Ambon, Hery Suryona saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait larangan berlayar di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (14/3) (Foto: ambonnesia.com)
Ambonnesia.com -Ambon,-Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Ambon, Hery Suryono mengatakan, larangan berlayar bagi kapal berukuran kecil diberlakukan Otoritas Pelabuhan Ambon karena kondisi cuaca yang tidak menentu di wilayah Maluku sejak sepekan terakhir.
ADVERTISEMENT
“Larangan berlayar hanya diberlakukan untuk kapal-kapal berukuran kecil,” kata Hery Suryono di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Kamis (14/3).
Saat ini Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon memberlakukan sistem buka tutup di pelabuhan guna menghindari adanya resiko kecelakaan laut.
Kendati larangan sudah diberlakukan sejak tiga hari lalu, namun, menurutnya hingga malam kemarin masih ada kapal yang berlayar baik di Pelabuhan Galala maupun di Pelabuhan Ambon.
Pihak penyedia trasnportasi juga diharapkan mematuhi larangan berlayar jika kondisi cuaca benar-benar tidak memungkinkan.
“Jadi larangan berlayar bagi kapal-kapal kecil itu dilakukan berdasarkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon. Nah, tergantung cuaca karena cuaca berubah setiap saat,” katanya.
(AHS)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan