kumparan
2 Mar 2018 22:55 WIB

Masyarakat Kota Ambon Diharapkan Gemar Membaca

Pattimura Park (Foto: Ambonnesia)
Perpustakaan Nasional RI akan mencanangkan Kota Ambon sebagai Kota Gemar Membaca pada 8 Maret mendatang. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ambon Pieter Pattiasina menjelaskan, pencanangan tersebut akan dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh Syarif Bando, dan Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab. Sekaligus diadakan juga penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Peraturan Wali (Perwali) tentang ruang publik yang diharuskan memiliki pojok baca di kelurahan dan desa, serta tempat-tempat usaha seperti hotel dan restoran.
Dia mengungkapkan, ruang baca bagi masyarakat akan dipusatkan di Patimura Park. Selain itu fasilitas internet gratis juga disediakan untuk menunjang ruang baca di sana.
“Masyarakat tidak hanya membaca buku tapi bisa menggunakan fasilitas internet yang akan disediakan untuk menunjang ada ruang baca di situ," kata, Pieter Pattiasina kepada wartawan, Jumat, (2/3).
ADVERTISEMENT
Dia berharap, jika Ambon telah dicanangkan sebagai kota gemar membaca maka dengan sendirinya masyarakat menyadari manfaat dari membaca turut meningkatkan kondisi sosial ekonomi mayarakat.
"Pencanangan ini dengan sendirinya dapat mencapai sebuah pembanguan sosial ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan