kumparan
13 Nov 2018 21:14 WIB

Museum Siwalima Ambon akan Siapkan Spot Swafoto untuk Pengunjung

Kepala Museum Siwalima, Jean Saiya Menjelaskan Rencana Pembuatan Spot Swafoto di Salah Satu Sudut Museum, Selasa (13/11). (Foto: Tiara Salampessy)
ADVERTISEMENT
Ambon,-Kepala Museum Siwalima Ambon, Jean Saiya, mengungkapkan, pihaknya akan melakukan penambahan falisilitas berupa spot berswafoto bagi pengunjung museum yang berada di Kawasan Taman Makmur Ambon.
Jean menuturkan, konsep spot foto bagi para pengunjung akan mirip seperti di Volendam, Belanda. Mereka akan menyediakan berbagai macam baju adat Maluku, yang dapat dipakai saat berfoto.
"Baju adat Maluku memiliki banyak ragam, mulai daru baju adat, baju untuk pernikahan, hingga baju untuk hari-hari tertentu. Sehingga kekayaan baju Maluku tersebut akan dijadikan daya tarik tersendiri," paparnya di Ambon, Selasa (13/11).
Pembangunan fasilitas akan dilaksanakan pada tahun 2019, dengan anggaran sebesar Rp 50 juta sampai Rp 60 juta. Jean sebutkan, pihak museum harus menyiapkan berbagai pernak-pernik khas Maluku, dan menjahit berbagai macam baju adat Maluku.
ADVERTISEMENT
"Untuk sepasang baju adat bisa mencapai 20 juta, jadi memang kami memerlukan anggaran yang lebih besar. Namun harapan kami dengan adanya spot tersebut, orang akan semakin tertarim dan minat untuk berkunjung ke museum," paparnya.
Menurutnya, saat ini minat masyarakat untuk berkunjung ke musem menurun, dan anggaran yang terbatas membuat pihak museum tidak dapat banyak berinovasi.
"Nanti akan kami kenakan biaya untuk spot foto, dan ada aturan perdanya. Sehingga legal san resmi, jika ingin berfoto," paparnya
Selain spot berfoto, pihak museum akan melakukan pengadaan baju tradisional dari daerah lain di Indonesia.
"Saat ini baju yang kami miliki di ruang pameran hanya berasal dari 26 provinsi, sehingga kami akan melakukan penambahan bertahap sesuai anggaran," tutupnya. (Tiara Salampessy)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan