kumparan
15 Sep 2019 22:21 WIB

Ribuan Ikan Mati Terdampar di Pulau Ambon

Ribuan ikan mati di pesisir Pantai Rutong Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Minggu (15/9). (Foto: istimewa)
Ambonnesia.com-Ambon,-Ribuan ikan mati terdampar di pesisir Pantai Rutong Kecamatan Leitimur Selatan, Ambon, Minggu (15/9).
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Steiven Patty mengatakan, penyebab matinya ribuan ikan itu hingga kini belum diketahui. Pihaknya masih menunggu uji laboratorium untuk memastikan musabab kematian ribuan ikan tersebut.
"Untuk memastikannya, kita sudah mengambil sampel dari ikan tersebut," jelas Steiven.
Dia menduga, ribuan ikan yang mati disebabkan ulah manusia yang melakukan pemboman ikan. Sebab ikan-ikan tersebut merupakan jenis ikan yang hidup di karang atau dasar laut.
“Karena radiusnya sangat jauh mulai dari desa Rutong hingga Hukurila, ini tidak mungkin kalau tidak dengan bom,” katanya.
Pihaknya memastikan akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk melakukan penilitian lebih lanjut tentang peristiwa tersebut. Termasuk memberi ganjaran terhadap pelaku pemboman ikan jika hasil uji laboratorium membuktikan matinya ikan akibat ulah manusia. Dia mengaku tak segan-segan akan memproses hukum pelaku sesuai Undang-undang (UU) nomor 45 tahun 2009 tentang Perikanan.
ADVERTISEMENT
"Jika nantinya dari hasil penelitian ikan itu mati karena bom yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, maka akan diserahkan kepada pihak berwajib untuk diberikan ganjaran sesuai aturan yang berlaku," kata Steiven.
(AHS)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan