kumparan
KONTEN PUBLISHER
20 Juni 2019 22:43

Wakil Gubernur Maluku Dukung Legalisasi Sopi

WhatsApp Image 2019-06-20 at 20.36.52.jpeg
Wakil Gubernur Maluku. Barnabas Orno (Foto: Doc.ambonnesia.com)
Ambonnesia.com-Ambon,-Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno mendorong agar Sopi, minuman tradisional khas Maluku yang dibuat dari hasil sadapan pohon enau dilegalkan.
ADVERTISEMENT
"Saya dukung kalau Sopi itu dilegalkan. Begitu juga dengan payung hukumnya yang sementara diperjuangkan oleh DPRD Maluku," kata Barnabas, Kamis (20/6).
Menurutnya, dukungan tersebut harus didasarkan dengan payung hukum agar peredaran sopi berjalan teratur. "Tidak ada bedanya sopi dengan cap tikus dari Manado, Sulawesi Utara. Tapi harus ada peraturan daerah yang mengatur pengelolaan dan peredaran minuman itu," jelasnya.
Mantan Bupati Maluku Barat Daya (MBD) itu mengatakan, bagi daerah-daerah yang warganya memproduksi sopi, hendaknya mencermati payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) agar penegelolaan dan peredaran sopi terorganisir secara baik.
Barnabas mengaku iba terhadap warga di Kabupaten MBD yang diproses hukum karena memasok sopi ke Ambon dengan maksud menjual untuk membiayai kebutuhan pendidikan anak-anak maupun hidup rumah tangga. Padahal, tidak sedikit pejabat, aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri dan lainnya yang dibesarkan dari sopi.
ADVERTISEMENT
"Sopi ini merupakan simbol adat yang dilecehkan karena salah dikonsumsi, sehingga membuat mabuk dan sering memicu terjadinya tindakan kriminal. Dan sebenarnya yang harus diproses hukum adalah para pemabuk dan bukan penjual," tuturnya. (AHS)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan