kumparan
search-gray
Bola & Sports31 Juli 2020 9:47

Pelukan dalam Sepak Bola, Peristiwa Sederhana dengan Kekuatan Besar di Dalamnya

Konten kiriman user
Pelukan dalam Sepak Bola, Peristiwa Sederhana dengan Kekuatan Besar di Dalamnya (38890)
Pelukan Klopp™ Foto: REUTERS/Phil Noble
Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat familiar dengan kata pelukan, Banyak orang berbicara bahwa pelukan dapat menjadi obat ajaib yang diperlukan setiap orang karena mengandung kehangatan, kepedulian, kehadiran seseorang, kenyamanan serta makna dan kekuatan tersendiri di dalamnya. Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, pelukan juga memainkan perannya dalam dunia olahraga secara umum dan sepakbola secara khusus, pada tulisan kali ini penulis akan lebih spesifik membahas bagaimana cara kerja pelukan dalam olahraga sepakbola.
ADVERTISEMENT
Pelukan yang terdapat di dunia sepakbola telah menjadi sebuah budaya tersendiri, makanya tidak heran kita melihat para pelatih dan pemain melakukan pelukan bahkan sampai menghadirkan sebuah kecupan di kepala atau di pipi pemain ataupun pelatih. Sejatinya pelukan dalam sepakbola memiliki beberapa makna dan tujuan serta dapat diberikan oleh siapa saja yang terdapat di terlibat di dalamnya. Pelukan tidak hanya diberikan oleh pelatih atau rekan setim saja melainkan juga bisa diberikan oleh pemain dari tim lawan, untuk membahas lebih dalam penulis akan memaparkan terkait siapa yang memberikan pelukan dan apa maknanya.
1. Pelukan dari pelatih terhadap pemain
Ketika kita menyaksikan sebuah pertandingan sepakbola maka tidak heran melihat adegan seorang pelatih memeluk para pemain atau anak asuhnya sebelum melakukan pertandingan, hal tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan kepercayaan diri pemain serta secara tidak langsung memberikan motivasi bagi pemain agar dapat menunjukkan atau menampilkan performa terbaiknya di dalam lapangan.
ADVERTISEMENT
Jika kita menonton pertandingan tersebut melalui televisi atau live streaming maka kejadian yang terlihat jelas adalah ketika sebuah tim melakukan pergantian pemain.
Seorang pelatih akan melakukan dua kali pelukan terhadap pemainnya, pertama untuk pemain yang masuk bermain dengan tujuan seperti yang telah penulis sampaikan di atas dan kedua pada pemain yang keluar digantikan, pelukan tersebut bermakna bahwa pemain tersebut telah melaksanakan tugasnya dengan baik di lapangan hijau atau dalam kata lain pelukan tersebut merupakan apresiasi pelatih terhadap kinerja pemain tersebut.
Hal itu juga menandakan bahwa pelatih telah menjadi seseorang yang dapat menghargai kinerja pemainnya, hanya dengan sebuah pelukan nan sederhana tapi membuat pemain merasa diapresiasi atas kinerjanya, sehingga outpunya juga dapat memberikan rasa nyaman bagi pemain dan menciptakan hubungan pemain dan pelatih.
ADVERTISEMENT
2. Pelukan dari rekan setim
Sepakbola merupakan olahraga kelompok dimana setiap pemain berkontribusi bagi tim dan kinerja tim ditentukan oleh berjalannya peran setiap pemain dalam tim tersebut, sehingga kemenangan tim tidak dapat ditentukan oleh peran satu pemain yang menonjol saja tetapi bersama-sama, we success together and lose together, begitulah semboyan dalam olahraga berkelompok termasuk sepakbola.
Pelukan antar pemain berisikan sebuah dukungan untuk dapat berjuang bersama sebagai tim, serta sebuah pesan untuk bisa menampilkan yang terbaik dari yang mereka punya. Lebih jauh lagi, pelukan itu menunjukkan rasa kedekatan dan kelekatan antar pemain sehingga pemain dalam tim lebih menikmati pertandingan dan dapat memunculkan iklim tim yang kondusif sehingga berujung pada tercapainya tujuan besar sebuah tim yaitu kemenangan.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa kasus, pelukan juga diberikan dalam situasi yang tidak diharapkan seperti pemain mengalami cedera sehingga tidak dapat melanjutkan pertandingan, fungsi pelukan pada situasi tersebut adalah memberikan sebuah dukungan agar pemain kuat dalam menghadapi cedera yang diderita.
Dalam cerita yang berbeda juga bisa seperti salah satu pemain melakukan blunder yang mengakibatkan timnya kebobolan, hadirnya pelukan bertujuan membangkitkan rasa percaya diri dari pemain yang melakukan kesalahan sehingga pemain tidak merasa bersalah secara terus menerus yang dapat mempengaruhi performanya.
Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu sebuah dukungan dalam bentuk pelukan dari captain atau pemain lain dan meyakinkan bahwa kita hadir sebagai sebuah tim.
3. Pelukan dari pemain tim lawan
ADVERTISEMENT
Dalam sepakbola, terdapat istilah bahwa rivalitas hanya terjadi dalam Sembilan puluh menit pertandingan dan setelahnya kita adalah saudara, dari kata-kata tersebutlah sering terjadi dukungan dari pemain terhadap pemain lawannya. Pelukan dari lawan tim terjadi cenderung terjadi sebagai penguat dan dukungan bagi pemain yang mengalami kekalahan dan menenangkan pemain tersebut.
peristiwa ini sering kita lihat dalam sebuah pertandingan pertandingan penting seperti final, atau laga penentuan nasib tim, dimana banyak pemain menghampiri pemain lawan hanya untuk memberikan sebuah pelukan dan yang disertai ucapan semangat atau tegakkan kepalamu.
Dalam foto di atas dapat kita lihat bagaimana Gareth Bale pemain Real Madrid memberikan sebuah pelukan kepada Karius kiper dari Liverpool yang melakukan blunder pada pertandingan tersebut dan menyebabkan kekalahan bagi timnya.
ADVERTISEMENT
Beberapa pelatih kenamaan di Benua Eropa sudah menerapkan metode ini, meraka sadar akan hadirnya kekuatan dari pelukan bagi atlet atau pemain mereka. Untuk peristiwa pelukan ini selayaknya juga dapat menjadi referensi yang bagus untuk pelatih lokal dan pemain Indonesia.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white