KONTEN PENGGUNA
Bola & Sports

3 Hal yang Harus Dilakukan Napoli Jika Ingin Kalahkan Barcelona

Barcelona berhadapan dengan Napoli di La Liga Serie A Cup. Foto: USA Today/Reuters/Jasen Vinlove

Napoli akan melakoni laga berat melawan Barcelona di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (26/2) pukul 03.00 WIB. Pertandingan nanti akan berlangsung di San Paolo alias markas Napoli. Namun, walau bertanding sebagai tuan rumah, Partenopei diyakini akan kesulitan meladeni permainan Barcelona yang terbilang solid di semua lini.

Skuat arahan Gennaro Gattuso tentu sudah mengantongi sejumlah kelemahan Barcelona. Seperti diketahui, Lionel Messi dan kawan-kawan selalu tampil luar biasa di pentas Liga Champions. Oleh sebab itu, tim tuan rumah Napoli tidak boleh lengah jika ingin meraih kemenangan di laga nanti.

Namun, walau Barcelona diunggulkan menang, Dries Mertens dan kawan-kawan tidak boleh berkecil hati pada pertandingan nanti. Sebab, La Blaugrana selalu kewalahan meraih kemenangan jika menghadapi tim-tim asal Italia di pentas Eropa. Berikut tiga hal yang harus dilakukan Napoli jika ingin memetik kemenangan di laga melawan Barcelona.

1. Matikan Pergerakan Messi

Selebrasi pemain FC Barcelona Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Eibar pada laga lanjutan La Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS / Albert Gea.

Rata-rata pelatih di seluruh dunia mengakui sosok Lionel Messi sangat berpengaruh terhadap permainan Barcelona. Oleh sebab itu, pada laga nanti, Napoli harus mematikan pergerakan Messi karena pemain kebangsaan Argentina tersebut merupakan roh permainan La Blaugrana. Bahkan, sejumlah penikmat sepak bola sempat menganggap bahwa Messi adalah Barcelona. Ungkapan tersebut sangat terbukti ketika permainan Barcelona tak terlihat saat kalah dari Liverpool di Anfield pada semifinal Liga Champions musim lalu. Pada saat itu, nama-nama seperti Virgin Van Dijk, Andrew Robertson, dan Fabinho berhasil mematikan pergerakan Messi hingga tak berkutik pada laga tersebut.

2. Napoli Harus Terapkan 'High Pressing'

Antoine Griezmann di laga persahabatan antara Barcelona dan Napoli. Foto: Rick Osentoski-USA TODAY Sports/REUTERS

Hampir semua tim di Eropa jika berhadapan dengan Barcelona selalu menerapkan taktik 'high pressing'. Oleh sebab itu, Napoli harus menggunakan taktik tersebut untuk meredam pergerakan para pemain Barcelona. Setidaknya, harus mampu menahan laju Lionel Messi yang kerap meliuk-liuk di lini pertahanan lawan. Selain itu, sejumlah pengamat sepak bola juga mengakui Barcelona selalu kewalahan menghadapi tim yang menerapkan taktik 'high pressing' sekaligus permainan keras. Jika berhasil menerapkan taktik tersebut, bukan tidak mungkin Partenopei bisa mengalahkan Barcelona di San Paolo.

3. Napoli Tidak Boleh Mengikuti Ritme Permainan Barcelona

Selebrasi pemain FC Barcelona usai mencetak gol ke gawang Eibar. Foto: REUTERS / Albert Ge

Barcelona merupakan tim yang selalu mengandalkan kolektivitas penguasaan bola. Dengan demikian, Napoli tidak boleh mengikuti ritme permainan La Blaugrana. Apalagi, Lionel Messi dan kawan-kawan selalu lihai menerobos celah sedikit pun dari permainan tim lawan. Untuk itu, taktik 'counter attack' merupakan strategi yang tepat bagi Napoli untuk melawan Barcelona pada laga nanti. Selain itu, lini tengah Napoli juga harus memutus aliran bola dari lini tengah Barcelona yang dikomandoi oleh Frankie De Jong, Ivan Rakitic dan Sergio Busquet. (fre)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan