Konten dari Pengguna

7 Alat Olahraga di Rumah yang Wajib Dimiliki agar Tubuh Tetap Bugar

Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
31 Oktober 2022 12:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi alat olahraga di rumah. Foto: Pixabay
Ilustrasi alat olahraga di rumah. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT

Olahraga adalah kebutuhan jasmani yang dilakukan agar kondisi fisik dan kesehatan tetap terjaga dengan baik. Jika malas pergi ke gym, Anda bisa melakukan olahraga sederhana di rumah, seperti push up, sit up, ataupun yoga.

ADVERTISEMENT

Agar jenis dan gerakan olahraga yang dilakukan lebih bervariasi, Anda juga bisa membeli beberapa alat olahraga di rumah yang sederhana. Ada beragam pilihan alat olahraga, mulai dari yang besar hingga yang kecil.

Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, berikut beberapa rekomendasi alat olahraga di rumah yang wajib dimiliki agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Alat Olahraga di Rumah

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi olahraga di rumah. Foto: Pixabay

1. Workout Mat

Mengutip Healthline, workout mat merupakan alat sederhana yang bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahraga, mulai dari yoga, peregangan, hingga angkat besi dan latihan interval intensitas tinggi.

Pilihlah workout mat yang memiliki permukaan nonslip dan bertekstur agar tetap aman digunakan meskipun tubuh mengeluarkan banyak berkeringat. Ketebalan workout mat juga perlu diperhatikan supaya Anda lebih merasa nyaman saat berolahraga.

ADVERTISEMENT

2. Samsak

Bagi yang menyukai olahraga beladiri seperti tinju, kick boxing, dan muay thai, samsak atau heavy bag merupakan alat olahraga yang wajib ada di rumah.

Agar lebih mudah, aman, dan nyaman digunakan, pilih samsak yang bisa berdiri sendiri dengan pegas yang fleksibel. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot memasang samsak di langit-langit rumah.

3. Treadmill

Treadmill menjadi alat alternatif yang dapat dipilih jika Anda ingin olahraga lari pagi atau lari sore tapi enggan melakukannya di luar ruangan. Di rumah, Anda bisa latihan treadmill sambil melakukan aktivitas lain, seperti menonton TV, mendengarkan musik, bahkan bekerja.

Tanpa harus repot-repot keluar rumah, Anda tetap bisa memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari treadmill, seperti menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, menjaga kesehatan jantung, dan sebagainya.

ADVERTISEMENT

4. Tali Skipping

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi tali skipping. Foto: Pixabay

Lompat tali atau skipping termasuk olahraga kardio yang digemari banyak orang karena dinilai efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat. Terlebih, olahraga ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.

Jika Anda ingin memulai olahraga skipping di rumah, sebaiknya pilih tali dengan pegangan busa empuk yang mudah digenggam dan panjangnya bisa disesuaikan. Perhatikan pula apakah tali bisa berputar dengan baik dan cukup kokoh agar lebih aman dipakai.

5. Dumbbell

Dumbbell merupakan versi mini alat angkat beban yang ada di gym. Berat yang dapat dipilih bervariasi, mulai dari 0,5 kg hingga 10 kg. Mengutip Dailyburn, berat dumbbell yang disarankan bagi pemula adalah 2 kg-4,5 kg untuk wanita dan 4,5 kg-9 kg untuk laki-laki.

ADVERTISEMENT

6. Kettlebell

Kettlebell adalah alat fitness yang berbentuk seperti peluru dengan pegangan. Kettlebell digunakan dengan cara diangkat atau diayunkan. Untuk pemula sebaiknya gunakan kettlebell dengan berat 4 kg-6 kg.

Selain cocok menguatkan otot tubuh bagian atas, kettlebell juga bisa dimodifikasi dengan jenis olahraga lain, seperti push up, plank, dan squat untuk melatih otot tubuh bagian bawah.

7. Resistance Band

Resistance band adalah tali elastis dari karet atau lateks yang dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan massa otot. Tingkat elastisitas resistance band bermacam-macam. Semakin rendah tingkat elastisitasnya, semakin sulit pula alat ini diregangkan sehingga otot harus bekerja lebih maksimal.

(ADS)

Apa saja alat olahraga di rumah?
Ada beragam alat yang bisa dipilih, beberapa di antaranya yaitu workout mat, dumbbell, dan tali skipping.
Apa nama alat untuk lari di tempat?
Treadmill menjadi alat alternatif yang dapat dipilih jika Anda ingin olahraga lari pagi atau lari sore tapi enggan melakukannya di luar ruangan.
Apakah skipping bisa menurunkan berat badan?
Lompat tali atau skipping termasuk olahraga kardio yang digemari banyak orang karena dinilai efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan.
1667182407894227862
Bagikan: