Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Tekno & Sains
·
17 Maret 2020 14:06

Harus WFH karena Corona, Ini 5 Aplikasi Video Conference untuk Meeting Online

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Ilustrasi meeting online. Sumber: Pixabay.

Akibat kian masifnya penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia, World Health Organization (WHO) pun menyurati Presiden Jokowi pada Jumat (13/3). Isinya adalah imbauan untuk menyatakan kondisi darurat nasional karena Covid-19 kini telah menjadi pandemi.

ADVERTISEMENT

Hal itu langsung direspon pemerintah dengan mengajak masyarakat untuk lakukan gerakan self-isolation sampai work from home (WFH). Dengan begitu, beragam aktivitas perkantoran, pendidikan, dan kegiatan lain harus berjalan tak seperti biasanya

Namun, tak perlu khawatir karena ada banyak solusi untuk menunjang layanan pemerintahan, kinerja perusahaan, sampai kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi video conference untuk meeting online.

Aplikasi tersebut memudahkan untuk menggelar rapat atau sistem belajar jarak jauh tanpa harus bertatap muka secara langsung. Berikut ini beberapa aplikasi video conference untuk meeting online:

Skype

Logo Skype. Sumber: Microsoft.

Skype buatan Microsoft ini memang dimaksudkan untuk menjadi aplikasi chat dan online meeting yang terintegrasi baik melalui komputer atau versi mobilenya. Pilih menu New Video Call dan tentukan teman yang sedang online untuk membuka sesi meeting.

ADVERTISEMENT

Lalu, pilih Add People untuk menambahkan anggota yang bisa mencapai 8 orang. Jika hendak lakukan interaksi lebih dari 8 orang, kamu bisa gunakan fitur premium Skype for Bussiness.

Pada fitur premium, jika komputer atau laptop yang kamu gunakan tidak memiliki aplikasi Skype, kamu tetap bisa bergabung obrolan. Itu karena web browser akan membuka alamat URL meeting online secara otomatis.

Zoom Cloud

Logo Zoom. Sumber: Playstore.

Aplikasi Zoom Cloud menawarkan pengalaman baru soal video conference, yaitu bisa melibatkan hingga 100 peserta. Hal ini yang membuat Zoom Cloud sangat laku digunakan dalam kegiatan rapat perusahaan sampai seminar online berskala internasional.

Sebelum melakukan atau masuk pada sebuah meeting online, kamu diharuskan Sign-in atau membuat akun di aplikasi Zoom Cloud. Setelah itu, kamu harus memasukkan meeting ID untuk mengkoneksikan dirimu ke dalam akses meeting online.

ADVERTISEMENT

ConnetWiseControl

Logo ConnetWise. Sumber: EdTech.

ConnectWise hanya memberikan free trial dan layanan premium seharga Rp 450 ribu untuk 25 komputer setiap bulannya. Tidak ada akses langsung dan gratis menggunakan akun di dalam ConnectWIse. Pasalnya, aplikasi ini memang ditujukan untuk perusahaan besar dan komersial.

Koneksi di dalam aplikasi sangatlah aman dan pribadi karena Kontrol ConnectWise menggunakan enkripsi SSL 256-bit end-to-end dan otentikasi dua faktor. Kamu bisa membuka dan menutup akses sebuah pertemuan. Dan saat ada orang yang ingin bergabung, mereka harus mendapatkan verifikasi darimu terlebih dulu.

Google Hangouts

Google Hangouts. Sumber: Playstore.

Tersedia pada aplikasi komputer, website, Android, dan iOs membuat platform yang satu ini cukup efektif digunakan untuk meeting online. Hangouts yang terintegrasi dengan Google+ dan Gmail sangat memudahkan mobilitas data dan fungsi eksekusi data pasca-rapat.

ADVERTISEMENT

Video di dalam Hangouts juga sangat pribadi serta juga bisa bersifat publik. Itu semua bisa diatur dalam enkripsi di menu pengaturan aplikasi.

Cisco WebEx

Logo Cisco WebEx. Sumber: Playstore.

Cisco WebEx bisa diakses secara gratis, namun terbatas hanya sampai tiga peserta di dalamnya. WebEx Meeting sendiri menyediakan fitur screen sharing, meeting recording, sampai tata letak layar yang bisa disesuaikan untuk keperluan display rapat.

Jika ingin meng-upgrade layanan Cisco untuk menerima anggota lebih dari tiga orang, akan dikenakan biaya berlangganan premium. Biaya tersebut seharga Rp 730 ribu/bulan untuk membuka akses sampai 200 peserta atau paket premium rendah seharga Rp 360 ribu/bulan untuk akses 8 orang.

(FZN)