Komunikasi Perusahaan di Era Digital

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Andalas
Konten dari Pengguna
23 Februari 2021 7:53
Tulisan dari Firgi Nurdiansyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Komunikasi Perusahaan di Era Digital
Sumber: https://actconsulting.co/transformasi-organisasi-dan-perusahaan-di-era-digital/

Perkembangan teknologi dan informasi khususnya dibidang digital pada saat ini semakin pesat setiap harinya. Era serba digital pada saat ini telah menjadi agen bagi manusia mengatasi kesulitan dalam menjalankan tugas sehari-hari. Digital merupakan sebuah metode yang kompleks dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan mausia (Aji : 2016) Aplikasi komunikasi pemasaran merupakan perangkat keras, strategis untuk perusahaan mendapatkan peluang dalam bersaing dengan perusahaan yang lainnyaDigital pada saat ini bukan hanya mengatasi manusia saja dalam mengatasi kesulitan dalam menjalankan tugas sehari-hari tetapi juga membantu corporate communication (komunikasi perusahaan) agar komunikasi perusahaan lebih mudah dan cepat dalam menyampaikan informasi kepada publik melalui media digital.

ADVERTISEMENT

Menurut Cornelissen (2011:5) corporate communication didefinisakan sebagai fungsi manajemen yang menawarkan kerangka kerja untuk koordinasi komunikasi eksternal dan internal yang efektif, dengan tujuan utama untuk menciptakan dan mempertahankan reputasi yang baik pada kelompok stakholder yang berkaitan dengan perusahaan. corporate commmunication juga sebagai sebuah instrumen manajemen dimana semua bentuk komunikasi internal dan eksternal yang digunakan secara sadar diharmonisasikan seefektif dan seefisien mungkin untuk menciptakan dasar yang menguntungkan untuk hubungan dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Kemudian komunikasi perusahaan dalam instuisi perusahaan melakukan tujuan untuk memotivasi, mempersuasi, dan memberi tahu karyawan dan juga publik/pelanggan. pemahaman terhadap komunikasi perusahaan yang baik dapat menyediakan perencanaan strategis yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka dari itu, pengumpulan informasi yang bagus dapat men-driving perkembangan ekonomi suatu perusahaan. Bisnis global berkembang berdasarkan informasi, pelanggan, karyawan, investor dan publik. Jadi, publik mengharapkan tingkat komunikasi yang lebih baik dari berbagai perusahaan sekiranya ingin menjalankan komunikasi perusahaan.

ADVERTISEMENT

Struktur manajemen berbasis dalam aktivitas berkomunikasi, menjadikan komunikasi perusahaan sebagai kebutuhan dalam berbagai perusahaan terutama yang beroperasi dalam lingkungan global. Komunikasi perusahaan penting untuk memproyeksi pesan yang konsisten dan dapat berkomunikasi dengan berbagai publik/pelanggan untuk tujuan umum dan juga ketika situasi krisis, tentunya di masa krisis ini komunikasi perusahaan lebih memanfaatkan media digital pada saat ini.

Memanfaatkan media untuk menjalin hubungan antara komunikasi perusahaan dan publik secara online inilah agar strategi komunikasi perusahaan di era digital lebih efektif. kemudian, hubungan antara komunikasi perusahaan dan media menjadi lebih intens. Informasi perusahaan dapat dikomunikasikan secara real time. Hubungan antara investor dan komunikasi perusahaan juga berhubungan dengan komunitas atau investor karena itu menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan komunikasi perusahaan melalui media era digital. Banyak sekali yang dapat dilakukan melalui internet untuk melakukan promosi merek dagang investasi yang menguntungkan bagi perusahaan, dan juga laporan tahunan bisa dilakukan welalui web, maka hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. komunikasi perusahaan di era digital, tentunya mempunyai efektivitas bagi corporate communication (Komunikasi Perusahaan) di era digital yang Pertama Tranparency, Tranparency ialah Transparansi merupakan sesuatu yang hidup dan berjalan dengan baik. Perusahaan diajak untuk semakin transparan dalam memberikan informasi kepada stakeholder lewat media sosial. Transparansi merupakan salah satu elemen utama dalam online public relations. Transparansi juga berarti membuka sistem internal perusahaan untuk dicermati oleh pihak eksternal.

ADVERTISEMENT

Kedua Internet Porosity, Menurut Philips dan Young (2009: 45), porosity dapat diartikan sebagai transaparansi yang tidak disengaja. Saat ini, perusahaan banyak melakukan komunikasi menggunkan internet seperti melalui email, insant messaging, blogs, dan media sosial. Ketika perusahaan memulai interaksi kepada pihak eksternal melalui media maya, informasi mengenai perusahaan akan disebarkan dengan cara yang lebih informal dan lebih transparan. Karena itu, beberapa informasi yang tidak seharusnya tidak dipublikasikan dapat lebih mudah bocor ke publik karena mudahnya akses tersebut.

Ketiga The Internet as an Agent, bahwa yang dimaksud dengan ‘agency’ adalah proses transformasi pesan di mana pesan tersebut diberikan dari satu orang yang lain secara online, yang kemudian memberikan konteks dan pemahaman baru. Internet agency, yaitu ketika suatu pesan atau cerita mengalami perubahan selama proses melalui dunia maya merupakan fenomena yang lumrah terjadi. Kemudian, agensi mengacu pada transformasi pesan dan gambar ketika diteruskan dari satu orang ke orang lainnya.

ADVERTISEMENT

Keempat Richness in Content and Reach, bahwa kekayaan informasi merupakan proses dimana transaparansi dieksekusi. kekayaan informasi tersebut bisa tercipta dan tersampaikan karena adanya reach dalam internet. Organisasi dan pihak-pihak ketiga menyediakan banyak sekali informasi secara online. Bahkan, halaman website perusahaan tertimbun oleh banyaknya halaman-halaman lain dalam dunia maya yang memberikan kesan mengenai perusahaan online. Kekayaan informasi online ini disediakan baik oleh perusahaan itu sendiri, sejumlah orang lainnya, dan teknologi internet serta komputer (agen). Reach dalam corporate communication Reach atau jangkauan publik terhadap konten dapat diciptakan melalui berbagai cara. Perusahaan bisa melakukan beberapa teknik agar halaman website perusahaan dapat dengan mudah ditemukan oleh publik, seperti dengan seacrh engine optimization dan hyperlink exchange. Selain itu, reach juga dapat dicapai melalui keterlibatan komunitas online yang membuat orang lebih dekat dengan perusahaan, dimana perusahaan turut menjadi bagaian dari percakapan komunitas yang terbentuk secara online.

ADVERTISEMENT

Kemudian corporate communication dalam praktiknya dalam memanfaatkan media digital, secara strategis harus memiliki dan menggabungkan empat karakteristik yang meneyeluruh, yakni Pertama strategic, ialah komunikasi didesain untuk memengaruhi hasil bisnis, Kedua integrated perusahaan menggunakan internet sebagai bagian dari perencanaan komunikasi yang lebih luas, Ketiga targated menggunakan internet berdasarkan keuntungan kelebihan yang dimiliknya dibandingkan dengan bentuk komunikasi lainnya untuk menjangkau target audience yang spesifik dan Keempat measurble ialah perencanaan tersebut termasuk sarana yang dapat digunakan untuk menilai efektivitas usaha komunikasi yang telah dilakukan. Memasukan pengukuran dalam perencanaan komunikasi yang strategis memastikan bahwa pengembalian investasi perusahaan pada suatu program diukur. Hal ini juga dapat menjadi sarana untuk membuktikan kesuksesan usaha corporate communication secara strategis. Komunikasi dengan menggunakan media digital pada saat ini yang dimanfaatkan oleh corporate communication dengan tujuan untuk melalukan persuasi terhadap target audience, dengan tujuan mendorong publik target audience agar memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan keinginan perusahaan.

ADVERTISEMENT
1613983990168121449
Bagikan: