Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Bisnis
·
6 Februari 2018 12:04

4 Jenis Kulit Wajah dan Cara Perawatannya

Konten ini diproduksi oleh Go Dok Indonesia

Go Dok - Setiap orang akan memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda. Beberapa dari Anda memiliki jenis kulit wajah yang normal, sementara beberapa lainnya memiliki kulit wajah yang berminyak. Lalu, seberapa pahamkah Anda tentang ragam jenis kulit wajah? Dan sudahkah Anda mengenali jenis kulit wajah Anda sendiri? Agar tak salah! Yuk, kenal jenis-jenis kulit wajah beserta perbedaannya!

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Perbedaan dari setiap jenis kulit wajah bergantung pada :

ADVERTISEMENT

Seberapa banyak kadar cairan di dalam kulit Anda, yang mempengaruhi elastisitas kulit wajah, seberapa berminyak wajah Anda, dan seberapa sensitif kulit wajah tersebut. Lalu, apa saja jenis-jenis kulit wajah itu sendiri?

Jenis-Jenis kulit wajah

1. Tipe kulit normal

Jenis kulit wajah yang satu ini merupakan jenis yang normal, dan tidak memerlukan perawatan khusus selain membersihkannya dengan teratur setiap hari. Ciri dari jenis kulit wajah ini: Sedikit atau tidak ada komedo dan jerawat, pori-pori hampir tidak terlihat, tidak ada sensitivitas yang parah, kulit tampak berseri dan seimbang (tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak).

2. Tipe kulit kering

Jenis kulit wajah kering akan berciri seperti : Kulit terasa kusam dan kasar (kesat), adanya beberapa bagian wajah yang berwarna kemerahan, kulit memiliki elastisitas yang rendah, garis-garis wajah terlihat jelas, dan terdapat banyak pori-pori yang hampir tak terlihat.

ADVERTISEMENT

Jika Anda memiliki tipe kulit wajah kering, maka kulit Anda dapat mengalami pecah-pecah, terasa gatal, teriritasi, atau bahkan mengalami peradangan. Jika sangat kering, bisa saja menjadi sangat kasar dan tampak berkerak. Hal-hal ini bisa diperparah oleh perubahan hormonal, usia, dan cuaca. Tak hanya itu, sering mandi lama dengan air panas dan terlalu sering terekspos sinar UV matahari juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering.Tentunya, Anda sudah tahu mengenai dampak buruk sinar UV bagi kesehatan dan kecantikan, bukan? Karenanya, bagi Anda yang memiliki kulit kering, jangan lupa untuk selalu memakai pelembap kulit dan gunakan sarung tangan saat memegang bahan-bahan sabun serta deterjen.

3. Tipe kulit sensitif

Jenis kulit wajah sensitif ciri-cirinya antara lain : Kulit kemerahan, ada rasa gatal dan sensasi terbakar, kulit mengalami kekeringan.

ADVERTISEMENT

Jika Anda memiliki jenis kulit wajah ini, cobalah mencari tahu apa penyebabnya, atau berkonsultasilah ke dokter kulit guna mengatasinya.

4. Tipe kulit berminyak

Ciri dari jenis kulit wajah ini adalah : Pori-pori yang membesar, kulit tampak kusam, mengilap, dan tebal, banyak muncul jerawat, komedo, dan noda-noda lainnya pada wajah.

Kondisi kulit yang berminyak dapat diperparah oleh pubertas, rasa stres, dan tingkat kelembapan yang terlalu tinggi. Kadar minyak pada jenis kulit ini sangat tinggi, dan puncaknya adalah pada siang hari. Untuk merawatnya, Anda harus mencuci kulit wajah tidak lebih dari 2 kali sehari, dengan menggunakan pembersih wajah yang bersifat lembut. Jangan pula memecahkan atau menekan-nekan jerawat yang muncul, ya!

Nah, itu tadi ragam jenis kulit wajah. Jadi, sesuaikan perawatan kecantikan wajah Anda sesuai dengan jenis wajah Anda, ya. Semoga bermanfaat

ADVERTISEMENT