8 Hal yang Bisa Dilakukan Bersama Anak saat Social Distancing untuk Cegah Corona

Konten Media Partner
17 Maret 2020 10:33

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi Virus Corona. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi Virus Corona. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT

Hi!Pontianak - Di tengah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia, membuat sejumlah pemerintahd aerah memberlakukan pembatasi aktivitas pendidikan dengan meliburkan sekolah-sekolah selama 2 pekan, termasuk di Pontianak.

ADVERTISEMENT

Para siswa diminta melanjutkan belajarnya di rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan yang memungkinkan kontak antara banyak orang. Tujuannya, menekan laju penyebaran virus corona.

Mengisolasi diri dan membatasi keluar rumah selama berhari-hari mungkin akan terasa membosankan untuk si buah hati. Sehingga, para orang tua perlu melakukan kegiatan yang menyenangkan selama berada di rumah.

Berikut ini beberapa aktivitas di dalam rumah untuk mengisi waktu libur dalam situasi pandemi virus corona:

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

lustrasi ibu menemani anak belajar. Foto: Shutterstock

1. Membaca

Membaca bisa dijadikan pilihan untuk anak mengisi waktu saat liburan. Berada di rumah sepanjang hari adalah kesempatan besar untuk meningkatkan kebiasaan membaca sang anak. Berilah buku bacaan sesuai dengan usia sang buah hati, karena bisa menambah wawasan dan mengedukasi anak sejak dini. Lakukan variasi dalam membaca sebagai aktivitas di dalam rumah saat corona

ADVERTISEMENT

2. Belajar dan Bekerja Bersama

Aktivitas orang tua yang harus bekerja dari rumah bisa digabungkan dengan belajar bersama anak. Anak akan merasa lebih adil dan terpacu untuk belajar ketika orang tua juga ikut bekerja bersama. Jangan sampai anak diminta untuk belajar tapi orang tua justru bergosip atau menonton.

Agar kegiatan belajar sang anak tidak bosan bisa memanfaatkan media pembelajaran daring (online) seperti Zenius atau Ruang Guru.

3. Membuat Prakarya

Kegiatan lain yang bisa dilakukan anak saat mengisi waktu liburan yaitu membuat prakarya. Tak perlu sulit, cukup yang sederhana seperti membuat tempat pensil dari stik es krim atau merangkai bunga hias. Namun, tetap memperhatikan bahan-bahan yang digunakan ya.

ADVERTISEMENT

4. Bercocok Tanam

Mengajarkan anak untuk bercocok tanam juga bisa dilakukan sebagai pengisi waktu saat liburan. Aktivitas seperti ini bisa menambah pengetahuan sang buah hati untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan. Dan selalu di ingat setelah bercocok tanam untuk segera mencuci tangan.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

om-Nonton FIlm Indonesia. Foto: Thinkstocks

5. Menonton Film

Setelah meluangkan waktu untuk belajar bersama, menonton film atau movie marathon bisa menjadi salah satu pilihan untuk anak saat masa liburan, akibat mewabahnya virus corona. Orang tua sebaiknya memberikan genre film yang disesuaikan dengan usia sang buah hati, serta memiliki sisi edukatif yang bisa dipelajari.

6. Memasak

Gunakan waktu berisolasi di rumah saat corona ini sebagai cara untuk melakukan bonding dengan sang anak, salah satunya memasak bersama.

ADVERTISEMENT

Saat melibatkan anak-anak dalam proses memasak, buah hati tidak hanya akrab dengan ragam makanan dan cara memasak, tetapi ia juga belajar keterampilan perkembangan yang sesuai usia.

7. Piknik di Rumah

Ketika perlu melakukan isolasi di rumah, bukan berarti tidak bisa melakukan piknik bersama sang buah hati. Para orang tua bisa melakukan piknik bahkan ketika berada di dalam rumah.

Cukup ambil keranjang, lalu ajak anak menaruh beberapa perlengkapan, serta makanan dan minuman piknik yang mudah dikemas, seperti botol air, kertas piring, sendok dan garpu, dan serbet. Untuk tempat piknik, bisa dilakukan di ruang tamu atau di kamar.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi anak mencuci piring. Foto: Thinkstock

8. Ajak untuk Bersih-bersih

Meminimalisir tersebarnya virus tersebut perlu adanya kesadaran dari diri sendiri untuk melakukan pencegahan dini. Untuk itu disaat libur, ajak anak untuk melakukan kegiatan bersih-bersih seperti setelah memegang handphone dibersihkan dengan tisu basah atau tisu kering. Atau setelah bermain bersama binatang kesayangan, ajarkan anak ntuk membersihkan tangan setelah bermain.

ADVERTISEMENT

Jangan lupa beritahu sang anak bahwa dengan bersih-bersih dapat meminimalisir masuknya kuman atau virus kedalam tubuh, agar anak selalu menjaga kebersihan diri.