Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Food & Travel
·
5 Maret 2021 11:42

Foto: Kawasan Pecinan di Jalan Gajah Mada Pontianak

Konten ini diproduksi oleh Hi Pontianak
Penggagas Kampung Pecinan menunjukkan konsep mural yang digambar di dinding Gang Gajahmadah 9 kepada Kadisporapar Kalbar. Dok: Teri/Hi!Pontianak

Hi!Pontianak - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalbar, Windy Prihastari menyambut baik destinasi wisata baru, kampung pecinan di Pontianak, yang sedang direncanakan.

ADVERTISEMENT

Kampung pecinan, berlokasi di Jalan Gajahmada, tepatnya di Gang Gajahmada 9. Tempat tersebut akan dibuat destinasi wisata baru, untuk warga Pontianak dengan berbagai macam mural di dinding dan permukiman warga.

Tema yang diangkat dari mural di tempat tersebut adalah 'China Town'. Terdapat 6 spot yang akan dimural sebagai objek parisiwata baru di Pontianak.

Kadisporapar Kalbar, Windy Prihastari berfoto di depan mural Kampung Pecinan.

30 pelukis Kalbar turut membantu dalam pembutan destinasi baru tersebut. Mereka melukis orang sedang bermain naga, sedang memegang tongkat, ada barongsai, dan tema pecinan lainnya dengan oriental kental.

Windy sangat mengapresiasi inisiatif warga yang membantu membangkitkan pariwisata di Pontianak, walau pun di masa pandemi.

“Jadi ini mural pemberdayaan dari warga sekitar, ada koordinatornya, lurah dan Ketua RW. Disporapar Kota Pontianak juga bersama-sama kita, mengapresiasi. Tempat ini bisa menjadi salah satu destinasi baru di Pontianak,” jelasnya, usai mengunjungi kawasan pecinan tersebut.

Kadisporapar, Windy Prihastari meninjau kampung pecinan yang berada di Jalan Setia Budi, Pontianak. Dok. Teri/Hi!Pontianak.

Dalam kunjungan tersebut, pihaknya (Disporapar Provinsi) juga memberi dukungan sekaligus masukan untuk spot lainnya yang akan dilukis.

ADVERTISEMENT

“Kalau ini tematik Pecinan mungkin di tempat lain bisa tematik lain, tentunya yang menyangkut budaya di Kalbar, bahkan bisa saja salah satu orang di lukisan ini dipakaikan masker, supaya ada cerita ketika pengunjung datang, kita bisa cerita dari mural tersebut misalnya dibangun saat pandemi COVID-19,” paparnya.

Salah satu wisatan berswa foto pada destinasi wisata baru , kampung pecinan Pontianak. Dok: Leo/Hi!Pontianak.

Disporapar Provinsi juga akan memberikan dukungan dengan membantu satu space mural yang akan digambar sesuai konsep yang sudah direncanakan.

“Disporapar juga akan membantu, nanti satu space. Sebelum digambar nanti selalu ada prototipe, jadi tidak langsung digambar, tapi harus ada konsep yang tematik dahulu,” imbuhnya.

Wisatawan antusias mengunjungi destinasi baru, kampung pecinan di Pontianak.