Konten dari Pengguna

Mengenal Istilah Meeting Point dalam Traveling

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
9 Juli 2023 14:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi meeting point adalah. Sumber: unsplash.com/ GeoJango Maps
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi meeting point adalah. Sumber: unsplash.com/ GeoJango Maps
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Meeting point adalah istilah penting yang wajib dipahami oleh para pelancong. Pasalnya, jika ingin berwisata dengan menggunakan agen perjalanan wisata, pihak agen akan menentukan titik pertemuan di tempat tertentu.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui titik penjemputan atau meeting point, wisatawan akan lebih mudah ditemukan oleh pengemudi kendaraan yang ditugaskan oleh agen perjalanan. Perjalanan wisata pun jadi lebih efisien karena tidak harus mencari-cari personil rombongan.

Meeting Point adalah Titik Pertemuan saat Traveling Bareng

Ilustrasi meeting point adalah. Sumber: unsplash.com/Erik Odiin
Mengutip dari dictionary.cambridge.org, meeting point adalah area di tempat umum yang luas, seperti bandara atau stasiun, yang merupakan tempat orang bertemu sebelum berangkat ke lokasi wisata.
Saat ini banyak agen perjalanan wisata yang membuka kesempatan untuk rekreasi bersama rombongan dengan peserta yang acak. Jadi, peserta tidak saling kenal dan berasal dari wilayah yang berbeda-beda.
Demi memudahkan perjalanan, maka agen wisata tersebut memberikan satu titik lokasi pertemuan untuk penjemputan rombongan. Nah, lokasi titik penjemputan inilah yang sering disebut dengan MEPO, atau meeting point.
ADVERTISEMENT
MEPO biasanya adalah sebuah tempat yang sudah terkenal dan sering dikunjungi orang banyak, misalnya stasiun, terminal, halte, pom bensin, dan sebagainya. Manfaat ditentukannya meeting point adalah untuk memudahkan pengemudi bus atau kendaraan lainnya yang dipakai untuk berwisata dalam menemukan siapa saja rombongan yang ikut serta dalam perjalanan.
Meskipun demikian, bukan hanya agen perjalanan wisata saja yang biasanya memakai istilah ini. Pelancong yang melakukan perjalanan secara mandiri tanpa agen pun biasanya juga menentukan MEPO untuk janjian bertemu dengan teman.
Area meeting point sebenarnya tidak terbatas pada lokasi ramai atau tempat umum. Bisa saja MEPO ditetapkan di salah satu rumah teman pelancong yang juga ikut serta dalam perjalanan.
ADVERTISEMENT
Tidak ada aturan khusus yang menetapkan sebuah meeting point harus seperti apa karena sifanya yang bebas ditentukan oleh siapa pun. Yang jelas MEPO berbentuk lokasi tempat berkumpulnya rombongan wisata yang akan melakukan rekreasi.
Kesimpulannya, meeting point adalah lokasi bertemunya wisatawan sebelum berangkat ke lokasi tujuan wisata yang sering digunakan dalam istilah traveling. (IMA)