Beranda
Trending
Video
Galeri Foto
News
Entertainment
Mom
Food & Travel
Tekno & Sains
Otomotif
Woman
Bola & Sports
Bisnis
Buzz
Tentang kumparan
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
Line
Bola & Sports
·
4 Juli 2020 8:43

Lagi Ngetren, Ini 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Konten ini diproduksi oleh Karja
Ilustrasi bersepeda | Foto: Pexels/Mabel Amber

Jika melihat media sosial kini, kita akan melihat banyak sekali orang yang meng-update status ketika sedang bersepeda. Sepeda yang digunakan pun beraneka ragam, mulai dari yang standar dan berharga terjangkau hingga sepeda lipat yang berharga fantastis.

ADVERTISEMENT

Olahraga bersepeda ini rupanya kian digemari oleh masyarakat semenjak adanya pandemi COVID-19. Entah mengapa orang-orang jadi gemar bersepeda sejak adanya pandemi ini, tapi yang pasti bersepeda jelas memiliki ragam manfaat.

Melansir dari Better Health, berikut ini adalah beberapa manfaat dari bersepeda yang perlu kalian ketahui.

1. Mengontrol berat badan dan mengurangi obesitas

Ilustrasi berat badan | Foto: Pexels/Natasha Spencer

Bersepeda merupakan salah satu cara yang baik untuk mengontrol dan mengurangi berat badan. Walau begitu, dalam hal mengurangi berat badan, tentunya bersepeda juga harus dikombinasikan dengan pola makan yang sehat.

Bersepeda merupakan salah satu bentuk olahraga yang nyaman. Waktu dan kecepatan serta intensitas kalian bersepeda bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Riset menunjukkan bahwa sebaiknya kalian membuang sekitar kurang lebih 2000 kalori dalam seminggu melalui olahraga. Dengan bersepeda, kalian bisa membuang kalori sebanyak 300 kalori per jam, dan berat kalian akan berkurang dengan lebih cepat.

ADVERTISEMENT

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Ilustrasi bersepeda | Foto: Pexels/Midia

Bersepeda juga mengurangi resiko penyakit jantung seperti stroke, tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Olahraga sepeda yang rutin dilakukan akan menstimulasi sirkulasi darah, paru-paru juga jantung. Bersepeda bisa menguatkan otot jantung, menurunkan tekanan darah dan mengurangi tingkat lemak dalam darah.

3. Menurunkan resiko diabetes

Ilustrasi bersepeda | Foto: Pexels/Brett Sayles

Diabetes tipe 2 menjadi perhatian serius di dunia kesehatan karena adanya peningkatan pasien. Bisa dikatakan bahwa salah satu penyebab terbesar dari diabetes adalah kurangnya aktivitas fisik. Dalam sebuah riset di Finlandia, ditemukan bahwa mereka yang bersepeda selama 30 menit setiap harinya memiliki resiko diabetes yang lebih rendah sebesar 40%.

4. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Ilustrasi bersepeda | Foto: Pexels/Pixabay

Dalam bersepeda tentunya kalian tahu bahwa dibutuhkan keseimbangan supaya kalian tidak sampai jatuh. Nah, dengan rutin bersepeda tentunya keseimbangan kalian akan terlatih dengan baik.

ADVERTISEMENT

Tak hanya keseimbangan, bersepeda juga meningkatkan kekuatan dan koordinasi tubuh. Jika kalian menderita osteoartritis, bersepeda adalah olahraga yang ideal karena bersepeda memiliki dampak yang ringan pada otot tubuh.

5. Mengurangi stres

Ilustrasi bersepeda | Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Bersepeda juga ternyata mampu meredakan stres, kecemasan juga depresi. Hal ini dikarenakan efek dari berolahraga yang mampu menimbulkan hormon pereda stres.

Selain itu dengan bersepeda kalian jadi banyak melihat dunia luar, tidak hanya terkurung diam di rumah namun memperoleh udara segar yang mungkin sudah lama tidak kalian rasakan. Hal ini jelas menyebabkan stres dalam pikiran kalian berkurang.

#terusberkarya

Karja, we share creative and up to date content (entrepreneurship, inspiration, and social issues) for Indonesia’s millennials. Support and follow us on kumparan (click here) and Instagram (click here).

ADVERTISEMENT