Faktor di Balik Tingginya Tingkat Kesembuhan COVID-19 di Kepulauan Riau

Konten Media Partner
14 Mei 2020 21:53 WIB

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi. Foto: Xinhua/Xiao Yijiu
Ilustrasi. Foto: Xinhua/Xiao Yijiu
ADVERTISEMENT

Pada 8 Mei 2020 lalu, Kepulauan Riau disebutkan sebagai daerah dengan tingkat kesembuhan COVID-19 tertinggi di Indonesia.

ADVERTISEMENT

Berdasarkan data gugus tugas COVID-19 RI, tingkat kesembuhan COVID-19 di Kepri tercatat sebanyak 67 persen dari total kasus yang ada. Saat itu dari 101 kasus positif yang ada, sebanyak 11 pasien positif meninggal dunia. Sedangkan sembuh sebanyak 68 pasien.

Sementara data terbaru, per Kamis (14/5) dari 112 kasus positif, angka kematian tetap pada 11 pasien. Sedangkan kesembuhan bertambah, menjadi 79 pasien sembuh.

Terkait itu, kepripedia mengkonfirmasi Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kepri. Melalui Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas, Tjetjep Yudiana menyebutkan setidaknya ada sejumlah indikator utama meningkatnya jumlah pasien COVID-19 yang sembuh di Kepri.

Diantara indikator tersebut yakni :

Pertama, Percepatan deteksi COVID-19 melalui pemeriksaan swab yang kini telah bisa dilakukan di Kota Batam melalui Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP).

ADVERTISEMENT

Kedua, Penanganan COVID-19 yang sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan. Termasuk mengobati gejalanya, pemeriksaan berkala dan komprehenship. Disertai dengan pola makan yang baik dan bergizi yang telah ditentukan ahli gizi.

Ketiga, Edaran Plt Gubernur Kepri telah mengeluarkan keputusan, agar seluruh rumah sakit memberikan pelayanan COVID-19. Artinya, penanganan COVID-19 tidak hanya dilayani di rumah sakit rujukan yang ditetapkan.

Keempat, Kasus positif disertai comorbid (penyakit penyerta) lebih sedikit. Dengan itu, kasus positif yang lain dapat ditangani sesuai protokol kesehatan semaksimal mungkin hingga sembuh.

Kelima, Suasana yang diciptakan oleh para medis lebih dekat terhadap pasien COVID-19 lebih baik. Sehingga dimungkinkan membuat daya tahan pasien lebih baik pula. Termasuk adanya hiburan, senam bersama dan lain sebagainya membuat psikologis pasien lebih baik. Termasuk komunikasi pasien dan paramedis

ADVERTISEMENT

Keenam, Hadirnya Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) di Pulau Galang memberikan dorongan presentase kesembuhan COVID-19 di Kepri. Tercatat ada 29 kasus positif di RSKI, 28 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

"Umumnya, memang penyebab tidak tertolongnya pasien COVID-19 adalah penyakit penyerta atau comorbid." jelas Tjetjep.

--

Simak Video penjelasan Gugus Tugas Kepri

*kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!