Bola & Sports
16 September 2020 14:15

Antisipasi Kepergian Martinez, Arsenal Incar Runar Alex Runnarson

Kiper Arsenal, Emiliano Martinez. Foto: Pool via REUTERS/Rui Vieira

Arsenal kemungkinan besar akan kehilangan penjaga gawang, Emiliano Martinez. Penjaga gawang asal Argentina itu dikabarkan setuju untuk pindah ke Aston Villa pada bursa transfer musim panas ini.

ADVERTISEMENT

Meski belum resmi, Martinez sudah mengucapkan salam perpisahan melalui akun instagramnya. Martinez mengunggah video berdurasi empat menit dengan caption: "Thank You Arsenal."

Nah, kepergian Martinez membuat Arsenal langsung mencari pengganti. Sebenarnya, Arsenal masih memiliki Matt Macey sebagai penjaga gawang pelapis dari Bernd Leno. Namun, Macey ternyata tidak cukup berpengalaman bagi Arteta.

Awalnya, Arsenal mengincar penjaga gawang milik Brentford, David Raya. Akan tetapi, harga penjaga gawang asal Spanyol itu terlalu mahal. Kini, Arsenal mengganti bidikannya ke Runar Alex Runnarson.

Lalu, siapa sih Runar Alex Runnarson yang diincar Arsenal ini?

Runnarson merupakan penjaga gawang asal Islandia. Saat ini, penjaga gawang berusia 25 tahun itu membela klub Ligue 1, Dijon.

Namun, Runnarson bukan penjaga gawang utama di Dijon. Musim lalu, Runnarson hanya tampil 14 kali untuk Dijon di semua kompetisi. Dia pun hanya bisa clean sheet satu kali dan kebobolan 26 kali.

ADVERTISEMENT

Namun, tidak adil sih menyalahkan gawang bobol kepada penjaga gawang semata. Bisa saja para pemain belakang Dijon tidak becus untuk menjaga pertahanannya.

Penjaga gawang incaran Arsenal, Runar Alex Runarsson. Foto: Instagram/@runaralex

Toh, stats pribadi Runnarson cukup baik. Menurut Squawka, Gunnarson berhasil membuat 31 penyelamatan dari 48 upaya yang ia terima di Ligue 1 musim lalu. Itu berarti rata-rata penyelamatan Runnarson sebesar 64,58 persen.

Runnarson juga piawai untuk mengantisipasi sepakan-sepakan dari luar kotak penalti. Dari 14 tendangan dari luar kotak penalti yang ia terima, 12 di antaranya berhasil diselamatkan.

Selain soal menyelamatkan gawang, Runnarson juga apik dalam mengalirkan bola. Akurasi passing Runnarson mencapai 70.7 persen. Angka itu lebih baik dari Emiliano Martinez yang akurasi passingnya sebesar 67,35 persen.

Penjaga gawang incaran Arsenal, Runar Alex Runarsson. Foto: Instagram/@runaralex

Arsenal sendiri bukan tanpa sebab membidik Runnarson. Adalah pelatih kiper mereka, Inaki Cana Pavon yang merekomendasikan Runnarson untuk direkrut Arsenal. Cana dan Runnarson pernah bekerja sama di Nordsjaelland musim 2017/18 lalu.

ADVERTISEMENT

Arsenal dikabarkan telah mengajukan dana sebesar 1,5 juta pounds untuk merekrut Runnarson. Nantinya, Runnarson diproyeksikan untuk tampil di ajang FA Cup dan Liga Europa.

Read more!

=====

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan