Bola & Sports
31 Mei 2020 4:09

Bayern Muenchen vs Duesseldorf: Mari Bicara tentang Lewandowski

Robert Lewandowski di laga melawan Duesseldorf. Foto: Christof STACHE / AFP / POOL

Ini terjadi berulang kali. Saat pembicaraan tentangnya hampir selesai, Robert Lewandowski menemukan cara untuk membuat orang-orang melanjutkan perbincangan.

Begitu pula jika membahas laga Bayern Muenchen versus Fortuna Duesseldorf pada Sabtu (30/5/2020). Bayern menang 5-0, Lewandowski mencetak dua gol.

Read more!

Kemenangan pada pekan 29 itu mengokohkan Bayern di puncak klasemen Bundesliga 2019/20. Mereka unggul 10 poin atas runner up, Borussia Dortmund, yang mengoleksi 57 angka.

kumparanBOLA merangkum tiga catatan yang dibuat oleh Lewandowski di laga melawan Duesseldorf ini.

1) Topskorer liga top Eropa

Musim 2019/20 menjadi panggung yang mementaskan kualitas Lewandowski yang tidak tergerus dimakan usia. Setelah menuntaskan laga melawan Duesseldorf tadi, Lewandowski mengemas 29 gol di Bundesliga 2019/20.

Catatan itu membawa Lewandowski sebagai pencetak gol terbanyak dibandingkan pemain lain yang berlaga di lima top Eropa: Bundesliga, Serie A, Premier League, La Liga, dan Ligue 1.

Selebrasi Robert Lewandowski usai mencetak gol ke gawang Eintracht Frankfurt pada laga Piala Super Jerman. Foto: Reuters/Ralph Orlowski

Sebelum bertanding melawan Duesseldorf, Lewandowski mengemas 27 gol, jumlah yang sama dengan torehan penggawa Lazio, Ciro Immobile.

Nah, peringkat ketiga diisi oleh Timo Werner (24 gol untuk RB Leipzig). Posisi empat menjadi milik Cristiano Ronaldo (21 gol untuk Juventus. Posisi kelima diduduki oleh dua orang, Jamie Vardy (19 gol untuk Leicester City) dan Lionel Messi (19 gol untuk Barcelona).

2) Akhirnya Lewandowski mencetak gol ke gawang Duesseldorf

Ada 18 tim yang berlaga di Bundesliga 2019/20. Sebelum turun arena di pekan 29, hanya ada satu tim yang gawangnya belum pernah dibobol oleh Lewandowski di sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

Bukan, jawabannya bukan Bayern, tetapi Duesseldorf. Yep, tim yang baru saja dihadapinya. Termasuk pertandingan ini, Lewandowski sudah enam kali berlaga melawan Duesseldorf: Dua kali saat ia berkostum Borussia Dortmund, empat kali saat menyandang status pemain Bayern.

Lewandowski merayakan gol bersama Davies. Foto: Christof STACHE / AFP / POOL

Akan tetapi, baru di pertemuan keenam inilah Lewandowski mencetak gol ke gawang Duesseldorf. Penantian pemain asal Polandia ini tidak berakhir menyedihkan. Begitu bisa membobol gawang Duesseldorf, ia mencetak dua gol.

Tunggu, kalau begitu, apakah Lewandowski pernah mencetak gol ke gawang Bayern? Tentu saja pernah. 'Kan dia pernah membela Dortmund.

3) 37 laga, 43 gol dalam semusim

Empat puluh tiga gol dalam 37 laga Bayern di semua kompetisi musim 2019/20. Catatan tersebut membuat nama Lewandowski kian semerbak di jagat sepak bola Jerman dan bahkan dunia.

That happy face. Foto: Christof STACHE / AFP / POOL

Torehan ini menyamai rekor terbaik yang pernah dibuatnya selama berkarier sebagai pesepak bola. Lewandowski mengoleksi 43 gol dalam 47 pertandingan bersama Bayern pada 2016/17.

Kompetisi 2019/20 belum tuntas. Lewandowski masih punya kesempatan untuk melampaui pencapaiannya sendiri.

"I have to confess... I'm addicted to scoring goals. Saya harus mengakui... Saya kecanduan mencetak gol."

Ternyata kalimat itu bukan omong kosong Lewandowski.

====

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!

loading...

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan