Bola & Sports

Guardiola: Jangan Banyak Omong, Barcelona!

Pep Guardiola, pelatih Manchester City. Foto: REUTERS/Rebecca Naden

Pep Guardiola naik pitam. Situasi Manchester City sudah runyam akibat ancaman hukuman UEFA, komentar-komentar tajam dari klub lain tambah membikin penat.

Situasi tambah tak mengenakkan karena salah satu klub yang angkat bicara soal kondisi City adalah Barcelona. Yep, klub yang membesarkan Guardiola.

"Saya tidak tahu apakah Barca memata-matai saya atau tidak. Yang saya tahu, mereka tidak perlu mengawasi saya. Jangan banyak omong, Barca. Itu saran saya. Setiap pihak terlibat dalam segala situasi," jelas Guardiola, dikutip dari Goal International.

Jadi begini ceritanya. Usai UEFA mengumumkan sanksi untuk City, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, angkat bicara. Katanya, ia berterima kasih karena UEFA berani dan tegas untuk terus menegakkan Financial Fair Play (FFP).

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. Foto: AFP/Josep Lago

"Kami berterima kasih kepada UEFA yang dalam beberapa tahun terakhir gigih menerapkan Financial Fair Play. Di Barca, kami mengikuti aturan tersebut. Kami melakukan investigasi rutin."

"Kami juga rutin bertemu UEFA untuk membicarakan langkah kami. Lewat langkah-langkah tersebut kami menegaskan bahwa kami mendukung UEFA untuk membuat sepak bola jadi lebih baik," jelas Bartomeu.

Guardiola melepaskan 'serangan baliknya' tadi dalam jumpa pers usai laga melawan West Ham. Guardiola jengah karena sang petinggi Barcelona ikut campur urusan klub lain. Toh, City kini sedang mempersiapkan banding kepada Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Foto: REUTERS/Phil Noble

"Kami akan mengajukan banding dan semoga di masa depan kami bisa bertanding melawan Barcelona di Liga Champions," tegas Guardiola. Hmmm... Kalau ada yang menyerang, kenapa tidak menyerang balik? Barangkali itu yang membuat Guardiola berani blak-blakan.

Berhitung mundur sampai 15 Februari 2020, UEFA mengumumkan bahwa City dikenai sanksi larangan bertanding di kompetisi Eropa pada 2020/21 dan 2021/22 karena melanggar regulasi FFP.

UEFA percaya City merekayasa laporan keuangan dengan menggelembungkan pendapatan sponsor sehingga laporan laba-ruginya tidak melanggar batas bawah yang sudah ditetapkan.

===

Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.

Bagi yang mau nonton langsung siaran liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID. Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan