Bola & Sports
17 September 2020 13:10

Kemenpora soal Venue Pembukaan dan Penutupan Piala Dunia U-20

Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan. Sebanyak enam stadion yang tersebar di tiga pulau sudah ditunjuk untuk menyelenggarakan pertandingan.

ADVERTISEMENT

Pemerintah pun bergerak cepat. Kepres Nomor 19 tahun 2020 mengenai panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 dikeluarkan. Begitu juga dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8 tahun 2020 soal dukungan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 juga sudah ditetapkan.

Namun, Menpora selaku wakil dari pemerintah belum bisa memastikan tempat pembukaan dan penutupan Piala Dunia U-20 akan digelar. Mereka masih harus berkoordinasi dulu dengan pihak-pihak terkait.

"Opening dan Closing belum diputuskan, kan Kepres baru datang, panitia belum terbentuk jadi kami belum bicarakan di kota mana opening dan closing," ujar Menpora Zainudin Amali kepada wartawan.

"Kita semua harus koordinasi dengan FIFA, sekarang lengkapi kepanitiaan dulu. Kalau dari Presiden tidak ada arahan khusus, kita lihat mana yang paling memungkinkan untuk jadi tempat diselenggarakan opening dan closing" tambahnya.

Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Saat ini, Indonesia tengah mengebut untuk merenovasi beberapa stadion yang ada. Tak cuma stadion, beberapa lapangan penunjang untuk latihan serta akses menuju stadion juga menjadi perhatian khusus dari pemerintah.

ADVERTISEMENT

Rencananya, Piala Dunia U-20 akan digelar pada Mei mendatang. Enam provinsi sudah ditunjuk untuk menyelenggarakan turnamen yakni DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Read more!

=====

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan